Technologue.id, Jakarta – Seperti yang Anda sadari, YouTube dewasa ini sudah menjadi media hiburan alternatif. Kebebasan untuk menonton konten yang diinginkan tiap oranglah yang membuat jejaring sosial yang dibeli Google pada 2006 silam itu bisa lebih baik ketimbang televisi.

Nah, agar pengalaman Anda ber-YouTube ria di laptop atau PC lebih seru nantinya, lebih baik pahami dulu 9 tombol shortcut YouTube berikut, sehingga Anda tak perlu setiap saat menggerakkan kursor untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu:

1. Tab untuk mengotrol semuanya
Tombol Tab mengizinkan Anda untuk menuju kontrol tertentu saat memutar video, mulai dari tombol play/pause, volume, setting, hingga tombol full-screen. Kalau diteruskan pun Anda bisa sampai di tombol share dan like yang berada di bawah video player. Jika semisal ingin kembali ke kontrol yang tak sengaja dilewatkan, pencet saja Shift + Tab.

2. Spacebar untuk play/pause
Saat video sedang diputar, Anda dapat cepat menghentikannya sejenak dengan memencet spacebar. Untuk memainkannya kembali pun Anda hanya butuh memencet spacebar lagi. Psst, fungsi yang sama juga bisa dilakukan oleh tombol K, lho.

- Advertisement -

3. Tombol kiri dan kanan untuk maju dan mundur 5 detik
Ingin memajukan video 5 detik lebih cepat? Di sinilah fungsi tombol arah kanan. Sebaliknya, saat Anda menyentuh tombol arah kiri, video akan kembali ke 5 detik sebelumnya.

4. Tombol J dan L untuk maju dan mundur 10 detik
Semisal ingin melewatkan 5 detik lebih banyak ketimbang shortcut sebelumnya, sentuh saja tombol L. Sementara J untuk mundur 10 detik.

5. Tombol angka untuk bergerak lebih fleksibel
Selain tombol alfabet, deretan angka di keyboard ternyata juga bisa dimanfaatkan. Tekan angka 1 untuk melompat ke 10 persen porsi video di timeline putar YouTube, angka 5 untuk menuju ke 50 persen dari total durasi, dan 9 untuk melompat ke durasi 90 persen video. Sedangkan tombol 0 memperbolehkan Anda untuk kembali ke awal video. Fungsi ini juga bisa dihadirkan dengan menekan tombol Home.

6. Titik dan koma untuk slow motion
Saat video di-pause, tombol titik (.) dan koma (,) akan memudahkan Anda untuk berpindah antar frame. Menarik, bukan?

7. Tombol atas dan bawah untuk atur volume
Mengeraskan dan memelankan suara dari video di YouTube faktanya dapat dilakukan menggunakan tombol arah atas dan bawah. Sementara untuk mute, Anda bisa memakai tombol M.

8. Tombol F untuk memainkan video di layar penuh
Kurang lega menonton di frame standar YouTube? Langsung pencet saja tombol F, maka video akan diputar dalam mode full-screen. Jika ingin kembali ke tampilan normal, sentuh tombol Esc di pojok kanan atas keyboard.

9. Tombol C untuk menampilkan closed caption
Fitur closed caption atau yang biasa muncul dengan logo CC berguna untuk Anda yang gemar menonton video berbahasa asing. Aktifkan dengan memencet tombol C. Kalau sudah muncul, gunakan tombol plus dan minus untuk mengatur ukuran font caption tersebut.

Itu dia fungsi-fungsi cepat YouTube yang dikutip dari CNET (1/8/16). Sudah dihafalkan semua?

 

Baca juga:

TRIK RAHASIA MEN-DOWNLOAD FOTO DAN VIDEO DARI INSTAGRAM

TIPS TINGKATKAN PERSONAL BRANDING DI LINKEDIN

CARA MENONTON VIDEO TANPA KUOTA DI OPERA MINI