Technologue.id, Jakarta – Pemanfaatan teknologi berperan penting dalam mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbagai hal, salah satunya sektor pariwisata.
Tak ingin kalah saing dengan perusahaan berbasis digital, pelaku pariwisata seperti perhotelan dan agen perjalanan wisata pun melakukan digitalisasi dalam layanan, promosi, dan pemasaran produknya.

“Dengan masuknya travel agent dan adanya digitalisasi di dalam promosi, tentu itu menjadi lebih gampang,” ujar Ir. Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, saat memberi dukungan terhadap peluncuran Traveloka Xperience, di Jakarta, Kamis (21/6/2019).

Baca Juga:
Rebranding, Traveloka Xperience Janjikan Pengalaman Seru Saat Liburan

Dipaparkan Rizki, banyak pemerintah daerah sudah membuat website sendiri yang menonjolkan destinasi populer di wilayahnya. Namun mereka jarang meng-update informasi tersebut sehingga kegiatan promosi destinasi dan event tidak berjalan maksimal.

- Advertisement -

“Di daerah-daerah, provinsi-provinsi, kabupaten, dan kota, banyak sekali mempunyai event. Tapi orang tidak tahu, padahal (event-nya) bagus sekali, baik untuk wisatawan mancanegara maupun nusantara. Misalnya akan ada Semarang Great Sale, Solo Great Sale. Ada lebih dari seribu event di seluruh nusantara kalau kita lihat, tapi (penyelenggara) tidak tahu dimana promosinya,” ungkapnya.

Seiring kehadiran platform digital yang mengangkat bisnis travel dan akomodasi, secara tidak langsung juga akan membantu bisnis pariwisata Indonesia secara menyeluruh dengan menjangkau seluruh konsumen dari berbagai belahan dunia.

Apalagi perubahan perilaku wisatawan juga terlihat ketika search and share. Di mana 70 persen sudah melalui perangkat digital.

“Lima tahun belakangan ini, perilaku konsumen berubah. Mereka ingin melakukan perencanaan dan perjalanan ke suatu destinasi namun dilakukan sendiri. Terutama milenial, mereka ingin mencari tempat jalan-jalan sendiri dengan mudah dan gampang. Experience menjadi tren saat ini,” kata Rizki.

Baca Juga:
Traveloka Antisipasi Lonjakan Pesanan Akomodasi Saat Libur Lebaran

Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle yang terintegrasi dalam satu aplikasi, melalui Traveloka Xperience.

Dengan Traveloka Xperience memantapkan diri sebagai platform pemesanan travel dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, para pengguna di 7 negara tempat Traveloka beroperasi tersebut dapat menikmati beragam kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Menyediakan 12 kategori produk, Traveloka Xperience memperkenalkan wajah baru yang akan membawa pengguna untuk merasakan beragam pengalaman seru saat liburan atau melakukan aktivitas sehari-hari di luar maupun dalam negeri.