Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Peredaran Alat Test Virus Corona di Toko Online Kian Marak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Peredaran alat test virus corona atau rapid test di sejumlah toko online kini semakin marak. Para pedagang bahkan menjanjikan hasil test yang cepat dan tepat dengan alat tersebut. Berdasarkan pantauan Technologue.id, pada Minggu (5/4/2020), alat test virus Corona dibanderol dengan harga bervariasi di beberapa platform e-commerce. Mereka mematok harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga: Putra Bangsa Berhasil Kembangkan Alat Tes Virus Corona

Di platform Bukalapak misalnya, ditemukan sebuah toko yang beralamat di Bandung menjual alat test dengan harga Rp 1,3 jutaan. Toko tersebut juga menyertakan sertifikat produknya telah disertifikasi di China. Tidak hanya satu toko, beberapa toko lain juga kedapatan menjual alat test virus corona dengan harga ratusan ribu. Toko-toko tersebut tersebar di kota yang berbeda. Sementara untuk marketplace shopee, Technologue juga menemukan sejumlah toko yang menjualnya. Salah satunya bahkan memberikan video tata cara menggunakan secara mandiri. Hal serupa dapat ditemukan di beberapa platform belanja online lain. Toko-toko ini dengan mudah dan leluasanyanya menjual alat yang belum dapat dipastikan keamanan dan keakuratannya.

Baca Juga: Corona, Transaksi Non-Tunai Alami Kenaikan

Padahal sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut alat-alat pendeteksi virus Corona yang dijual di toko online merupakan barang ilegal. Ini karena belum memiliki izin edar dan terdaftar di Kementerian Kesehatan. Ia menambahkan bahwa alat test virus corona saat ini hanya disediakan oleh pemerintah. Itu pun tidak diperjual belikan.

SHARE:

Kolaborasi Roche dan Diabetes Initiative Indonesia Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Kesehatan

XL Axiata: Merger dengan Smartfren, Hilalnya Belum Nampak