Technologue.id, Jakarta – Menjelang momen Lebaran sebentar lagi, aplikator ojek online Grab menyiapkan beberapa cara untuk mengantisipasi lonjakan permintaan order dikala driver mudik ke kampung halaman.

Baca Juga:
Grab Buat Kompetisi Garap AI Kancah Regional

Dijelaskan Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, pihaknya telah melakukan persiapan khusus untuk melayani permintaan konsumen. Dengan adanya persiapan matang, Grab berusaha agar order tetap berjalan lancar tanpa kesulitan mencari mitra driver.

“Bagaimanapun kami tentu akan mengantisipasi apa yang akan terjadi, sama seperti saat pemilu. Ada beberapa driver yang pulang kampung dan gak balik lagi dalam beberapa waktu tertentu. Kami akan lihat dulu nanti seperti apa, dengan AI (kecerdasan buatan) juga,” kata Neneng saat mengumumkan inisiasi Grab AI for S.E.A., di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Baca Juga:
Driver Ojol di Daerah Harapkan Tarif Naik

Bagi pengemudi Grab, perusahaan menyajikan program baru bernama ‘Antar Kota’ yang bikin mereka tetap bisa mencari rezeki sambil mudik dan libur lebaran jadi lebih istimewa.

Saat memasuki wilayah–wilayah tertentu, mereka akan mendapatkan notifikasi yang berisikan keterangan bahwa mereka bisa mendapatkan orderan selama berada di area tersebut. Area yang dijangkau termasuk Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali, Riau, dan Bangka Belitung.

Khusus untuk penggunaan fitur ini, hanya berlaku untuk layanan GrabBike dan GrabFood saja. Tarif yang didapatkan pun akan sesuai dengan tarif lokal. Begitu pula order yang driver selesaikan di luar kota mendaftar, tidak akan terhitung dalam perhitungan Insentif.