HeadlinePesawat Nyaris Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka, Begini Kata Garuda Indonesia

Pesawat Nyaris Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka, Begini Kata Garuda Indonesia

Technologue.id, Jakarta – Pesawat Garuda Indonesia GA 309 hampir terbang dengan pintu bagasi terbuka. Pihak maskapai pun saat ini sedang memeriksa beberapa pihak terkait peristiwa itu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pesawat GA 309 dengan rute Surabaya-Jakarta, penerbangan Rabu (27/4/2022) pukul 11.25 WIB.

“Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 rute Surabaya-Jakarta yang diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya,” ungkap Irfan.

Baca juga:
Pesawat Garuda Indonesia Hampir Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka

Irfan pun menjelaskan bahwa saat itu pesawat sudah lakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan prosedur operasional baku yang berlaku. Namun, ketika pesawat siap untuk push back, petugas avsec mendapati pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup sempurna.

“Kondisi tersebut juga terlihat oleh pilot melalui indikator di kokpit yang kembali menyala dan menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat. Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelasnya.

Irfan melanjutkan, saat itu petugas juga lakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, untuk pastikan setiap pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas. Selain itu, dia mengatakan Garuda Indonesia sedang mengevaluasi temuan ini.

“Atas temuan ini, Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali,” katanya.

Adapun penerbangan GA 309 sudah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu (27/4) pukul 13.20 WIB. Garuda pun memohon maaf untuk ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut.

“Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan ke depannya,” tutup Irfan.

Sebelumnya Technologue.id memberitakan, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 309 rute Surabaya-Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) hampir celaka saat bersiap take off dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Rabu (27/4/2022).

Kejadian itu diviralkan di Twitter oleh salah seorang yang mengaku penumpang pesawat tersebut, Pak Bupati @wirandhika_25.

Dear, @IndonesiaGaruda ini pesawat saya tadi GA 309 SUB-CGK PK-GFJ. Posisi pesawat siap taxi dan siap take off tapi pintu bagasi belum tertutup, untung ada petugas yang sadar lari ke pesawat. Mohon untuk dibenahi lagi, ini masalah keselamatan banyak orang,” cuitnya, dikutip Technologue.id.

Related articles

Bahaya! Ini Resiko Pesawat Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka

Technologue.id, Jakarta - Pilot Senior dari maskapai Citilink Capt...

Pesawat Garuda Indonesia Hampir Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka

Technologue.id, Jakarta - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan...

GoCar Instan Hadir di Bandara Soetta, Ini Kelebihannya

Technologue.id, Jakarta - Gojek memperkenalkan inovasi terbarunya yakni GoCar...

Digitalisasi Airport, Angkasa Pura II Resmi Gandeng Telkomsel

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel resmi bekerja sama dengan Angkasa...