Technologuue.id, Jakarta – Sebuah aplikasi utilitas pembuat kolase, PhotoGrid kini telah memasukki usia lima tahun kehadirannya di Indonesia. Selama kiprahnya, aplikasi yang baru saja meluncurkan versi terbarunya, yaitu PhotoGrid 6.0 kerap mengubah basisnya menjadi komunitas sosial kreatif bagi para pengguna.

“Sekarang ini PhotoGrid terhitung sudah diunduh sebanyak 300 juta kali secara global dan 10 juta diantaranya merupakan pengguna aktif dari Indonesia,” ujar Jeremy Peng, Head of Product PhotoGrid pada acara konferensi persi PhotoGrid 6.0 di Jakarta.

Hal tersebut, lantas dikatakannya jadi negara dengan jumlah pengguna PhotoGrid terbanyak. Dimana ia melihat bahwa tren swafoto tengah dialami hampir sebagian orang. Terlebih dengan keberadaan sosial media membuat mereka dapat lebih mudah dan leluasa dalam membagikan cerita menarik apapun yang disukai.

“Karena itu, PhotoGrid menyediakan komunitas sosial berbasis sharing foto langsung didalam aplikasinya yang sekaligus berfungsi sebagai perangkat untuk pengambilan dan penyuntingan foto menggunakan filter maupun sticker,” ungkapnya.

Menariknya lagi, ia pun mengungkap kalau PhotoGrid yang juga punya fitur layaknya Scrapbook, lebih banyak digunakan untuk berswafoto penggunanya. Yakni ada sebanyak 15 juta foto sehari yang diposting oleh pengguna, mayoritas justeru merupakan hasil foto selfie. Dimana terdapat lebih dari 45 persen penggunanya berada pada kisaran usia 18 -24 tahun paling banyak di Indonesia.

Salah satunya, Clairine Clay yang juga dijuluki Miss Meme Indonesia mengaku sebagai pecinta foto. Ia terbiasa edit foto wajahnya dengan beragam filter sebelum akhirnya dibagikan secara langsung baik didalam aplikasi PhotoGrid itu sendiri maupun sosial media lain, seperti Instagram.

Soal kedepannya, Jeremy kemudian mengungkapkan rasa optimis akan target PhotoGrid di sepanjang tahun 2017. “Kami yakin akan mendapat total pengunduh PhotoGrid di Indonesia mencapai 20 juta orang hingga akhir tahun ini,” tutupnya.

BACA JUGA:

PhotoGrid 6.0 Resmi Rilis, Sasar Pengguna Sosial Media

Layanan SweetEscape Luncurkan Aplikasi Bagi Pengguna iOS

Selamatkan Foto-Foto Jadul Anda dengan Aplikasi dari Google Ini!