Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Plexamp, Pemutar Musik dengan Fitur Sonic Sage yang Didukung oleh ChatGPT OpenAI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Plexamp adalah pemutar musik yang dikembangkan oleh divisi Labs dari perusahaan media Plex.

Dalam pengembangannya, perusahaan menggunakan ChatGPT untuk pembaruan terbarunya. Pada hari ini, perusahaan mengumumkan fitur baru yang disebut "Sonic Sage" yang didukung oleh ChatGPT OpenAI.

Fitur baru ini akan memindai pustaka pengguna dan memanfaatkan langganan TIDAL pengguna untuk membuat daftar putar musik unik.

Baca Juga:
Plugin Zillow ChatGPT: Mencari Properti Lebih Mudah dengan Teknologi AI Generatif

Dengan adanya Sonic Sage, pengguna dapat membuat daftar putar mereka sendiri dengan menggunakan bahasa alami untuk menjelaskan apa yang ingin mereka dengar.

Plexamp bukanlah satu-satunya aplikasi pemutar musik yang menggunakan antarmuka AI untuk memprogram pilihan musik pengguna.

Aplikasi streaming musik seperti Spotify menggunakan DJ AI untuk memperkenalkan dan memilih musik untuk pengguna aplikasi mereka. Petey, aplikasi pihak ketiga lainnya, juga menggunakan ChatGPT untuk membuat daftar putar Apple Music.

Plexamp awalnya diluncurkan pada tahun 2017 sebagai proyek debut dari Plex Labs. Aplikasi ini menawarkan putaran Plex pada aplikasi pemutar media Winamp klasik dan visualisasi untuk mengiringi lagu.

Kemudian diperluas dari desktop ke iOS dan Android, dan menjadi layanan khusus pelanggan.

Selain menjadi cara untuk menikmati musik dalam antarmuka klasik yang ditujukan untuk audiofil, aplikasi ini juga berfungsi sebagai cara bagi Plex untuk bereksperimen dengan berbagai teknologi.

Pada tahun 2021, aplikasi ini diperbarui dengan fitur "Super Sonic" yang mencocokkan lagu-lagu yang "mirip secara sonik" satu sama lain, alih-alih menggunakan metadata saja untuk campuran pemrograman.

Sonic Sage adalah fitur terbaru yang ditawarkan oleh Plexamp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar putar musik dengan menggunakan bahasa alami untuk menjelaskan apa yang ingin mereka dengar.

Baca Juga:
Hugging Face, Alternatif Open Source Chatbot Bertenaga AI Untuk ChatGPT

Misalnya, pengguna dapat meminta "balada mellow oleh band heavy metal", "trek elektronik optimis dari The Chainsmokers dan duo DJ lainnya", "rock indie psychedelic seperti Pink Floyd", "alur 70-an oleh wanita pembangkit tenaga listrik," dan banyak lagi.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menjadi pelanggan Plex Pass dan berlangganan layanan musik streaming TIDAL, yang merupakan mitra musik Plex.

Pengguna kemudian harus membuat akun OpenAI dan memasukkan kunci API OpenAI ke pengaturan Plexamp untuk mengaktifkan Sonic Sage.

Perusahaan juga mencatat bahwa pengguna dapat membatasi hasil pencarian hanya untuk musik di perpustakaan mereka sendiri melalui pengaturan di sebelah kunci API.

Selain fitur baru Sonic Sage, Plexamp juga memiliki beberapa opsi penemuan musik lainnya.

Pengguna dapat menggunakan berbagai mode DJ, melakukan "petualangan sonik" (sonic adventures) pembelajaran mesin, menggunakan "radio suasana hati" (mood radios), melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk menemukan kembali oldies dan banyak lagi. 

SHARE:

Tips Hapus Background Foto di Photoshop Versi Desktop

Ericsson: Pelanggan 5G Diperkirakan Capai 5,6 Miliar pada 2029