Technologue.id – Nasib apes dialami oleh seorang pemilik rumah di Ponorogo, Jawa Timur. Diduga akibat ponsel bikinan Xiaomi, rumah tersebut sempat mengalami kebakaran.

Adalah Sunardi, pria paruh baya ini membuat gempar tetangga sekitar rumahnya yang berada di Kecamatan Bungkal lantaran api yang berasal dari salah satu kamar di rumahnya. Menurut Kapolsek Bungkal, AKP Joko Suseno, dugaan mengarah pada ponsel anak Sunadi yang menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Ketika kebakaran mulai terpicu, Sri Winih (40) yang merupakan istri Sunardi sedang berada di rumah tetangga. Di waktu yang sama, Alfian (15) yang adalah anak Sunardi tengah mengisi daya ponsel yang diketahui merek Xiaomi di kamar.

Baca juga:

Xiaomi Rilis Smartphone Pertama dengan RAM 10GB

- Advertisement -

Sri yang kaget mendengar ledakan langsung memeriksa rumahnya. Namun api sudah terlanjur membesar di kamar anaknya. Dua mobil pemadam kebakaran pun langsung didatangkan untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih besar lagi.

Menurut Sri, sang anak memang kerap melakukan pengisian daya ponsel dengan meletakkannya di atas Kasur. Namun Sri tak menyangka kalau ponsel milik anaknya tersebut bisa meledak hingga membakar Kasur dan kamar anaknya.

Sementara Alfian sedang bersekolah ketika hal itu terjadi. Ia mengaku lupa melepas charger dari sumber listrik sebelum ditinggal sekolah. Atas kejadian ini, kerugian keluarga Sunardi ditaksir sebesar Rp10 juta, termasuk buku-buku sekolah yang ikut terbakar karena kejadian ini.

Baca juga:

Xiaomi Salurkan Bantuan ke Pengungsi Gempa Palu

Pihak Xiaomi sendiri mengaku masih menunggu penyelidikan pihak kepolisian. Meski kuat dugaan mengarah pada ponsel besutan Xiaomi, sejauh ini masih belum dikonfirmasi apa penyebab pastinya.

“Kami ingin menekankan kembali bahwa keamanan pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi kami. Seluruh perangkat kami telah melalui proses pengujian kualitas yang ketat untuk memastikan agar para pengguna mendapatkan kualitas yang terbaik,” jelas Xiaomi dalam pernyataan resminya.

Baca juga:

Xiaomi Kini Nomor 2 di Pasar Smartphone Indonesia

Kejadian yang juga melibatkan ponsel Xiaomi terjadi beberapa waktu lalu. Berlokasi di Tiongkok, pengguna Mi A1 hampir menjadi korban meledaknya ponsel miliknya tersebut. Perangkat ini meledak ketika sedang diisi ulang dayanya di atas tempat tidur.

Untungnya, posisi tidur pengguna Xiaomi Mi A1 tersebut cukup jauh ketika ponsel miliknya tersebut mulai terbakar dan keburu menyadarinya.