Technologue.id, Jakarta – Pada bulan Agustus 2018 ini, pemerintah meluncurkan produk investasi menarik dengan bunga yang tinggi. Istimewanya, pada produk Saving Bond Ritel 004 (SBR 004) ini, pemerintah hanya menggunakan channel online. Channel tersebut mencakup fintech, Bank BUMN, Bank Swasta, dan perusahaan efek.

Kupon

Bunga yang ditawarkan pada SBR 004 ini cukup tinggi, yaitu 8,05 persen. Jika masih ragu untuk membeli karena takut bunga BI akan naik lagi jangan khawatir, karena kupon yang ditawarkan pun ikut naik menyesuaikan market. Lalu bagaimana jika bunga turun? Nah, SBR 004 ini memiliki batas bawah kupon 8,05 persen, jadi tidak akan turun di bawah itu. Kupon ini akan diberikan setiap bulan dan disesuaikan tingkatnya dalam kurun waktu tiga bulan sekali.

Angka tersebut tentunya lebih menarik karena memberikan imbal hasil lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk deposito. Sementara itu dari segi risiko tentu saja aman karena negara merupakan pihak yang berutang.

Periode Penawaran

Jangka waktu investasi pun cukup pendek, hanya dua tahun dan dapat dicairkan lebih awal setelah satu tahun. Masa penawaran SBR 004 cukup panjang, mulai dari 20 Agustus 2018 sampai 13 September 2018. Jadi bagi yang berminat, masih belum terlambat. Tim Technologue.id sendiri mencoba memesan produk ini setelah satu minggu penawaran dibuka, dan kuota pemesanan masih sisa Rp2,85 miliar.

Channel Penjualan

Tampaknya produk ini memang mengincar kaum milenial karena pemesanannya dilakukan secara online. Jumlah investasinya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp1 juta saja, tapi mungkin kupon bulannya jadi tidak terasa. Nah, bagi yang memiliki dana cukup besar, produk ini dapat dibeli maksimal Rp3 miliar.  Penjualannya pun melalui channel fintech seperti Bareksa, Investree, Modalku dan Tanamduit.

Baca juga:

Kini, Anda Bisa Investasi Reksa Dana Online di Tokopedia

Bagi yang masih lebih merasa nyaman bertransaksi dengan bank atau pun perusahaan efek pun tersedia beberapa channel. Dari sisi perbankan, channel yang tersedia adalah BCA, BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, dan Bank Permata. Tim Technologue.id sendiri telah mencoba pembelian SBR 004 ini melalui internet banking Bank Permata. Sementara itu bagi yang terbiasa bertransaksi dengan perusahaan sekuritas bisa melalui Trimegah.