Technologue.id, Jakarta – Sementara trio Galaxy S10 mewakili flagship mainstream dari Samsung, Galaxy S10 5G tampil berbeda. Sesuai namanya, ini adalah smartphone 5G pertama Samsung dengan dukungan untuk jaringan mmWave dan sub-6GHz.

Sebagai permulaan, sejauh ini Galaxy S10 5G merupakan flagship Samsung tercanggih, bahkan melampaui Note9.

Samsung Galaxy S10 5G memiliki layar Dynamic AMOLED berukuran 6,7 melengkung dengan resolusi 1440p Plus. Smartphone ini menjadi salah satu display seluler pertama yang mendukung video HDR10 Plus (bersama dengan tiga ponsel S10 lainnya) dan salah satu yang pertama menampilkan pembaca sidik jari ultrasonik.

Selain dukungan 5G, tersedia pula Wi-Fi 6 untuk koneksi lokal sebesar 1.2Gbps.

- Advertisement -

Baca Juga:
Lebih Kaya Fitur, Samsung Luncurkan Tiga Model Galaxy S10

Yang menarik, ponsel ini akan hadir dengan chipset Snapdragon 855 atau Exynos 9820, tergantung wilayah. Ponsel ini memiliki RAM 8GB dan memori internal 256GB, namun minus slot microSD.

Soal kemampuan kamera, Galaxy S10 versi 5G telah menyempurnakan dari apa yang dimiliki S10. Baik kamera depan maupun belakang telah dibenamkan modul 3D Time of Flight, yang memungkinkan fokus Video Live dan menangkap gambar 3D.

kamera belakang memiliki empat jenis sensor berbeda dengan OIS ganda. Kamera utama adalah sensor 12MP dengan Dual Pixel AF dan dual aperture (f/1.5 dan f/2.4). Lalu diikuti kamera telefoto 2x 12MP dan kamera ultra-lebar 16MP dengan 123 derajat. Kamera belakang juga dapat merekam video 4K HDR10 Plus untuk dinikmati di layar yang luas.

Sementara kamera selfie memiliki sensor 10MP yang mampu menangkap video 4K dan mengakomodasi sensor 3D ToF.

Baca Juga:
Samsung Resmi Luncurkan Ponsel Lipat Galaxy Fold

Galaxy S10 5G memiliki muatan baterai agar besar 4.500mAh dan merupakan yang pertama mendukung Super Fast Charging, yang mencapai 25W (ini kompatibel dengan USB Power Delivery 3.0).

Ada juga Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare yang artinya bisa digunakan sebagai baterai portabel atau biasa dikenal dengan nama power bank. Ia bisa menjadi sumber daya portabel untuk gadget lain.

Fitur tak kalah pentingnya, seri 5G diberi peringkat IP68, memiliki speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos, dukungan Samsung DeX, dan serangkaian fitur unggulan Samsung lainnya.

Samsung Galaxy S10 5G akan dirilis pada antara bulan Maret sampai Mei mendatang.