Technologue.id, Jakarta – Perhelatan Galaxy Unpacked dibuka Samsung dengan meluncurkan smartphone berlayar lipat miliknya. Galaxy Fold yang menjadi smartphone layar lipat pertama dari Samsung yang sudah lama menjadi buah bibir di tengah masyarakat.

Resmi diluncurkan dengan nama Galaxy Fold, perusahaan asal Korea Selatan itu menjawab berbagai rumor yang telah beredar. Perangkat ini pertama kali diperlihatkan ke hadapan publik secara terbuka dalam versi prototipe pada bulan November tahun lalu.

Smartphone jawara baru Samsung punya layar yang membuatnya bisa berfungsi sebagai ponsel dan tablet. Hal itu disebabkan dua ukuran layar yang bisa dinikmati penggunanya, layar berukuran 4,6 inci ini ketika dilipat namun ketika lipatan dibuka di bagian dalam ada layar lebih besar berukuran 7,3 inci yang dinamai Infinity Flex.

Baca juga:

- Advertisement -

Lebih Kaya Fitur, Samsung Luncurkan Tiga Model Galaxy S10

Pihak Samsung mengklaim telah menggunakan engsel ponsel hasil rancangan khusus untuk menahan ribuan lipatan dan terbentang tanpa rusak. Engsel ini dibangun menggunakan roda gigi tipis dan berjumlah banyak agar menyajikan kekuatan dan desain yang menawan di saat bersamaan.

Engsel dengan teknologi baru di Galaxy Fold, Ponsel layar lipat Samsung
Engsel dengan teknologi baru di Galaxy Fold, Ponsel layar lipat Samsung (Eksklusif/Technologue.id)

“Engsel dibuat dari banyak roda gigi dan merupakan teknologi yang indah. Kita tidak akan bisa melihatnya dalam penggunaan sehari-hari karena itu tersembunyi di dalam tubuh ponsel,” kata Justin Denison, SVP of Product Marketing Samsung memamerkan teknologi baru di produknya di atas panggung Bill Graham Civic Stadium, San Fransisco, California.

Perangkat ini dipastikan dapat melakukan multitasking dengan menjalankan tiga aplikasi sekaligus di perangkat. Samsung mengaku akan menggunakan sistem kontinuitas aplikasi agar perangkat bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis sewaktu berpindah dari model ponsel ke tablet ataupun sebaliknya.

Baca juga: 

Unboxing Samsung Galaxy S10 (Unpacked)

Di bagian dalam, Samsung membekali Galaxy Fold dengan prosesor yang memiliki fabrikasi 7 nanometer dengan RAM 12 GB. Ruang penyimpanan bawaannya juga disediakan sangat luas, yakni 512 GB.

Galaxy Fold hadir dalam empat varian warna, yakni biru, silver, hitam dan hijau. Perangkat ini akan mulai dijual pada tanggal 16 April mendatang dengan harga mulai dari US$ 1.980 atau sekitar Rp 28 jutaan. Belum ada penjelasan apakah perangkat ini akan memasuki pasar Indonesia di waktu yang sama atau berbda maupun kisaran harganya saat Galaxy Fold sambangi Indonesia. Tunggu saja.