Q1 2020, Penjualan Ponsel Sony Terpuruk

Technologue.id, Jakarta – Dalam beberapa waktu terakhir, Sony mengalami keterpurukan dalam pengiriman ponselnya. Pada kuartal pertama 2020 ini hal serupa terjadi, perusahaan asal Jepang itu hanya mampu mengapalkan 400.000 unit ponsel.

Dilansir dari Gizchina pada Kamis (14/5/2020), dalam periode yang sama, pengiriman ponsel Sony turun sebesar 64% dibanding tahun lalu. Angka ini merupakan yang paling rendah sepanjang sejarah.

Baca Juga:

Penjualan iPhone Anjlok Gegara Corona

Sony sendiri terakhir kali mengalami peningkatan yang begitu positif pada tahun 2017 lalu. Peningkatan signifikan ini tidak lepas dari peran jajaran ponsel Sony Xperia yang meluncur pada tahun tersebut.

Sony berhasil mengirim 3,2 juta unit ponsel Xperia tahun itu dan sepertinya kejayaan yang sama akan terjadi pada bulan Juni ini. Dimana Sony akan meluncurkan Xperia 1 II dan Xperia 10 II.

Baca Juga:

Pasar Ponsel Dunia Turun Gegara Corona


Turunnya pengiriman ponsel sebenarnya bukan hanya dialami oleh Sony, melainkan seluruh vendor ponsel dunia. Lembaga riset IDC baru saja merilis data pasar ponsel global di kuartal pertama 2020 dan menunjukan bahwa pengiriman ponsel dunia menurun hingga 11,7%.

IDC melihat penurunan ini merupakan dampak dari wabah virus Corona yang menyebar di seluruh dunia. Dimana memang puncak wabah virus asal China ini terjadi pada kuartal pertama 2020.