Qlue Garap Robot Terapi Autisme – Technologue
Qlue Garap Robot Terapi Autisme

Qlue Garap Robot Terapi Autisme

Qlue Garap Robot Terapi Autisme
Andre Hutagalung, Co-Founder & CTO Qlue

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan ekosistem smart city, Qlue, akan merambah dunia pendidikan melalui inisiasi smart education. Konsep pendidikan pintar ini akan fokus menyasar anak-anak penderita autisme.

Andre Hutagalung, Co-Founder & CTO Qlue menjelaskan bahwa mereka akan mengembangkan robot untuk membantu terapi anak penderita autis. Qlue pun telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan pembuat robot untuk memadukan teknologi robotik dengan computer vision.

Baca Juga:
Qlue Segera Luncurkan Solusi Pengelolaan Polusi Udara

Robot ini menjadi pilihan yang lebih baik untuk anak-anak daripada aplikasi atau layanan media sosial semisal YouTube untuk hiburan. Karena robot itu dapat menarik perhatian dan meningkatkan pembelajaran.

“Dengan adanya robot, seperti latihan ada yang menemani dan kita menggunakan computer vision untuk melihat reaksinya. Karena anak-anak autis ini kan butuh treatment khusus, dari situ kita lihat ada atau tidaknya perubahan. Misalnya ketika robotnya menari apakah ekspresinya berubah,” kata Andre, di Jakarta, Selasa (18/12/2019).

Baca Juga:
Qlue Ikut Bangun Ekosistem Smart City di Ibu Kota Baru

Melalui project yang sedang dirintis ini, Qlue ingin mendukung proses pembelajaran untuk terhubung dengan lingkungan dan orang lain di sekitar mereka. Seperti diketahui, Anak penyandang autis memiliki waktu yang sulit dalam kemampuan sosial dengan sesama, seolah mereka menikmati dunia yang diciptakan sendiri.

“Mungkin ini segmen yang kecil tapi jumlah anak autis terus meningkat. Jadi saya rasa ini mungkin jalan peran kita masuk untuk membantu anak-anak itu,” ungkapnya.

Qlue berencana meluncurkan produk robotik ini pada awal tahun depan.