Technologue.id, Jakarta – Sidik jari nampaknya sudah menjadi salah satu fitur yang cukup penting bagi industri gadget. Bagaimana tidak, hampir semua produsen smartphone kini menyematkannya pada lini perangkat flagship buatannya. Dan kini, Qualcomm sudah memiliki solusi yang lebih baik untuk hal tersebut.

Mengutip dari NextPowerUp (29/06/17), Qualcomm baru saja memperkenalkan sebuah sensor sidik jari yang lebih canggih dari yang sudah ada di pasaran saat ini. Jika biasanya sensor sidik jari berada di tombol home atau di bagian belakang bodi smartphone, kini ia bisa disematkan di dalam layar atau yang biasa disebut dengan in-display fingerprint scanner.

Melalui ajang Mobile World Congress Shanghai 2017, Qualcomm juga menyampaikan bahwa teknologi sidik jari terbaru itu tak cuma bisa bekerja dengan baik pada layar smartphone, tetapi juga permukaan kaca dan metal.

Sertifikasi IP68 juga disematkan sehingga fitur tersebut tetap bisa digunakan meskipun smartphone dalam keadaan basah ataupun ketika pengguna sedang di dalam kolam renang.

Tak cukup sampai situ, Qualcomm pun menambahkan sejumlah sensor lainnya sehingga fungsionalitasnya bertambah. Selain bisa untuk mendeteksi sidik jari, teknologi yang bernama Qualcomm Fingerprint Sensor itu juga bisa membaca detak jantung dan aliran darah.

Diperkirakan, Qualcomm Fingerprint Sensor untuk permukaan kaca dan metal sudah mulai tersedia pada bulan Juli 2017. Sementara untuk permukaan layar smartphone, baru akan tersedia pada kuartal keempat 2017 mendatang.

 

Baca juga:

Snapdragon 835 akan Menjadi Chipset Terakhir Qualcomm?

Qualcomm Perkenalkan Quick Charge 4+, Lebih Cepat dan Lebih Efisien

Ditinggalkan Apple, Qualcomm Balas Dendam