Technologue.id, Jakarta – Dell melakukan rebranding pada seri produk gamingnya. Mengganti lini Inspiron gaming menjadi G-series, Dell menyuguhkan laptop gaming murah bagi pengguna yang mendambakan perangkat budget-friendly namun mengemas spesifikasi andal.

Produk keluaran pertama Dell G-series tersedia dalam dua varian, yaitu G3 dan G7. Keduanya menyasar target market yang berbeda, menurut penuturan Tjipto Suparto, Consumer Country Director Dell Indonesia.

“Dell G3 (3579) menyasar penyuka gaming notebook, sementara G7 menyasar pro gamer,” ungkap Tjipto, saat peluncuran perangkat G-series, di Jakarta, Kamis (26/07/2018).

Baca juga:

Review: Nitro 5 AN515-51-58YX Laptop Gaming, Fitur Minimalis

Dengan perbedaan sasaran pasar tersebut, Dell merakit G3 dan G7 dengan spesifikasi berlainan meski tidak terlalu menonjol.

Laptop gaming Dell G-series (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Sesuai perkataan Tjipto, Dell G3 disajikan untuk penggiat gaming yang mengutamakan mobilitas. Piranti berukuran 15 inchi ini memiliki body tipis 22,7mm sehingga menjadi notebook gaming tertipis saat ini. Body tipis bukan berarti Dell mengorbankan fitur penting seperti sistem pendingin. Sistem Dell G3 dilengkapi fitur kipas ganda dan bisa dikembangkan hingga dua hard drive.

“G3 punya solusi peredam panas, sudah dilengkapi dual cooling fan. Ada ventilasi udara, baik dari bawah maupun dari belakang. Karena tipis jadi terlihat sedikit tertutup,” ujar Tjipto.

Baca juga:

Laptop Ini Punya RAM 128 GB

Adapun spesifikasi lengkap dari G3 antara lain prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi kedelapan, Nvidia GeForce GTX 1050, desain antena WiFi 2×2, serta fitur SmartByte agar kegiatan gaming, mengunduh file besar, atau streaming video dapat berjalan mulus meski diakses secara bersamaan.

Tersedia dalam tiga opsi warna, Hitam, Biru recon, dan Putih alpine, Dell G3 diberi label harga mulai daru Rp12 jutaan.

Laptop gaming Dell G-series (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Sementara untuk kalangan pro gamers, Dell meluncurkan G7 dengan fitur lebih tinggi ketimbang versi G3. Sama-sama berukuran layar 15 inchi, bedanya G7 memiliki ketebalan hingga 25mm dengan desain Max-Q.

Baca juga:

Kunci Laptop Windows 10 Anda dari Jarak Jauh via Smartphone, Ini Caranya

Dell G7 dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi kedelapan, Nvidia GeForce GTX 1060, RAM 6GB GDDR5, desain antena WiFi 2×2, serta fitur SmartByte.

Untuk cooling system, G7 dilengkapi ventilasi udara dan kipas yang mampu menarik udara dari depan lalu membuangnya di belakang melalui bingkai laptop. Selain untuk sirkulasi udara panas dari laptop, sistem pendingin ini juga mampu meredam suara bising dari pengguna.

“Dilihat dari penampilan, G7 ini ada thermal performance untuk sirkulasi udara lebih baik,” kata William Hartoyo, Product Marketing Manager (Consumer Product), dalam kesempatan acara yang sama. Selain itu, G7 juga sudah dilengkapi teknologi quick charge agar bisa mengisi daya baterai cepat. Laptop bisa terisi 25 persen dalam 15 menit.

Dengan dua pilihan warna, Hitam dan Putih, Dell G7 dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp16 jutaan.