Technologue.id, Jakarta – Kapasitas RAM yang mencapai 32 GB atau 64 GB mungkin sudah terbilang cukup besar bagi banyak orang. Namun teknologi terkini ternyata memungkinkan laptop untuk memiliki RAM di atas 100 GB. Dan salah satu yang mengembangkannya adalah Lenovo.

Mengutip dari TheVerge.com (13/06/2018), Lenovo dilaporkan baru saja memperkenalkan laptop ThinkPad P52. Di posisikan sebagai kelas enterprise, laptop ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, seperti kapasitas RAM yang mencapai 128 GB dan media penyimpanan hingga 6 TB.

Baca juga:

Intel Kembangkan PC Berbentuk Buku Catatan

Tak cukup sampai situ, layar 15,6 inci beresolusi 4K juga hadir untuk memenuhi kebutuhan multimedia tingkat atas. Sementara untuk menunjang perfomanya, Lenovo menyematkan prosesor hexa-core Intel generasi ke delapan dan graphics card Quadro P3200.

- Advertisement -

Baca juga:

Sharp Akuisisi Bisnis Notebook Toshiba

Fitur lainnya pada ThinkPad P52, ada dua buah port Thunderbolt 3.0, HDMI 2.0, Mini DisplayPort, tiga buah port USB, jack audio 3,5 mm, dan port ethernet. Sayangnya, hingga saat ini Lenovo belum mengumumkan soal ketersediaan maupun harga retail dari perangkat tersebut.

Baca juga:

Asus E402WA, Laptop AMD Standar yang Sasar Pelajar

Sebelumnya, produsen PC lainnya, Dell sudah sempat memperkenalkan laptop yang juga kompatibel dengan penggunaan RAM 128 GB, yakni Precision 7530 dan Precision 7730. Keduanya menggunakan graphics card yang berbeda, Nvidia Quadro dan AMD Radeon WX. Dan keduanya dijual dengan harga mulai dari US$1199 (Rp16,9 juta).