Technologue.id, Jakarta –┬áSetelah menjadi sub-merek tersendiri, Redmi kembali merilis smartphone dari seri angka 7. Setelah Redmi Note 7, kini pabrikan China tersebut meluncurkan Redmi 7, yang menjadi ponsel paling terjangkau dengan rentang harga Rp 1 jutaan.

Ponsel ini mengikuti Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro dalam penawaran chipset dan baterai yang lebih baik.

Desain smartphone entry-level ini mengadopsi desain kekinian. Bagian belakang memiliki lengkungan 3D dengan gradien yg unik dan modern. Redmi 7 tersedia dalam tiga varian warna diantaranya Comet Blue, Lunar red, dan Eclipse black.

Varian warna Redmi 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Redmi 7 mengusung panel LCD 6,26 inci beresolusi HD +. Ada fitur Low Blue Light untuk pengalaman membaca lebih nyaman dengan mode membaca (reading mode). Tampilan layar ini telah lulus sertifikasi dari TUV Rheinland karena mampu melindungi mata dari bahaya sinar biru dan mengurasi resiko kelelahan mata. Tak ketinggalan ada proteksi Corning Gorilla Glass 5 sama seperti di Redmi Note 7.

Baca Juga:
Dibalut Gorilla Glass 5, Redmi Note 7 Diklaim Tangguh

- Advertisement -

Untuk dapur pacunya, perangkat ini ditopang oleh prosesor delapan inti dengan chipset Snapdragon 632 dan Kyro 250. Performa prosesor ini digadang lebih ngebut ketimbang model pendahulunya.

“Chipset Snapdragon 632 memiliki kinerja 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan Snapdragon 625. Pengetesan CPU di Antutu, Redmi 7 menjadi yang tercepat di kelasnya dengan skor 53.172 poin,” kata Steven Shi, Head of Southeast Asia and Country Head, Xiaomi Indonesia, di acara peluncuran, Selasa (23/4/2019).

Ada dua pilihan memori yang ditawarkan, yaitu RAM 2 GB/ROM 16 GB dan RAM 3 GB/ROM 32 GB. Kapasitas penyimpanannya bisa diperluas hingga 512 GB melalui microSD.

Tes Antutu antara Redmi 7 dengan kompetitor (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Kamera belakang ganda Redmi 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Di bagian fotografi, Redmi membawa kamera ganda pada bodi belakang dengan pengaturan 12 MP + 2 MP. Rinciannya, sensor utama memiliki ukuran sensor 1/2,9 inci, sama seperti smartphone flagship mereka di tahun 2017, Xiaomi Mi 6. Dengan ukuran sensor yang lebih besar, kamera 12 MP akan menyajikan hasil foto lebih baik ketimbang smartphone yang menawarkan sensor 13 MP.

Sedangkan kebutuhan selfie pengguna dilayani oleh kamera 8 MP. Kamera depan ini dilengkapi dengan AI Beautify 4.0 dan face unlock.

Ponsel ini mengemas baterai 4.000 mAh dengan pengisian daya standar 10W. Daya tahan baterai diklaim bisa hidup hingga 17 hari waktu standby.

Baca Juga:
Bos Xiaomi India Pamer Foto Selfie 32 MP dari Redmi Y3

Steven mengatakan, Redmi 7 tetap mempertahankan beberapa fitur andalan khas ponsel murah yang perlahan mulai ditinggalkan, yakni Headphone jack, FM Radio, slot microSD terpisah, dan IR Blaster untuk mengontol perangkat secara remote menggunakan Infrared.

“Fitur-fitur tersebut masih diminati oleh Mi Fans dan pengguna Redmi. Makanya kami hadirkan di Redmi 7,” ucapnya.

Penjualan Redmi 7 akan dimulai tanggal 2 Mei 2019 di Mi Store dan Mi.com. Harga Redmi 7 adalah Rp 1.599.000 untuk RAM 2 GB/ROM 16 GB, serta Rp 1.899.000 untuk RAM 3 GB/ROM 32 GB.