Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Remaja 12 Tahun Bunuh Diri Gara-gara Momo Challenge di WhatsApp
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Belum reda animo netizen kepada #InMyFeelingsChallenge, kini muncul lagi challenge baru di jagat maya. Namanya Momo Challenge. Namun, tantangan yang satu ini sebaiknya tidak Anda ikuti karena risikonya terbukti sangat besar. Seorang remaja berusia 12 tahun di Argentina melakukan bunuh diri diduga karena terlibat di Momo Challenge. Melansir Metro.co.uk (31/07/2018), dugaan itu muncul setelah pihak kepolisian mendapati korban sempat berniat untuk mengunggah suatu video di media sosial sebagai bukti ia tengah melakukan game Momo.

Baca juga:

Pemerintah Prancis Larang Penggunaan Smartphone di Sekolah, Kenapa?

Momo Challenge ini pada dasarnya adalah sebuah permainan yang dilakukan via WhatsApp. Mereka yang tertantang mengikuti challenge ini diharuskan menghubungi nomor misterius via aplikasi chatting milik Facebook Inc. tersebut yang memakai avatar wanita berwajah menyeramkan yang dipercaya adalah Momo. Padahal, objek tersebut merupakan pahatan dari seniman asal Jepang, Midori Hayashi. Hayashi sendiri tak terkait apa pun dengan Momo Challenge; orang tak bertanggung jawab saja yang menyalahgunakan karyanya untuk hal negatif.

Baca juga:

Mantan Bos Oppo Bangun Perusahaan Smartphone Pesaing Xiaomi

Dalam praktiknya, ternyata game Momo ini hanyalah social engineering yang mempromosikan pelecehan online dan cyber bullying. Para orang tua dan warganet pun disarankan untuk tidak terlibat dalam Momo Challenge. Pasalnya selain bisa berdampak pada hilangnya nyawa, Momo Challenge ini disinyalir juga merupakan praktik kejahatan siber meliputi pencurian data.

Baca juga:

Brodo: dari Medsos, Kini Official Merchandise Asian Games 2018

Momo Challenge dianggap merupakan ancaman serupa dengan Blue Whale. Blue Whale disebut telah memicu kematian terhadap 130 remaja di Rusia dengan tantangan-tantangannya yang berbahaya.

SHARE:

SIRCLO: Ciptakan Sinergi Pelaku E-Commerce untuk Dongkrak Ekonomi Digital

Honda Perkenalkan Mobil Listrik Pertamanya untuk Indonesia