Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pemerintah Prancis Larang Penggunaan Smartphone di Sekolah, Kenapa?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Penggunaan smartphone secara berlebihan memang tidak sehat. Apalagi, kalau penggunaannya sekadar untuk mengakses media sosial di sekolah, sehingga konsentrasi belajar para siswa menjadi berkurang. Menanggapi hal tersebut, pemerintah Prancis pun mengambil sebuah langkah tegas. Mengutip dari TheVerge.com (01/08/18), anggota parlemen Prancis baru saja memutuskan untuk melarang penggunaan smartphone di sekolah-sekolah setempat. Larangan tersebut berlaku untuk siswa yang berusia di bawah 15 tahun. Bagi mereka yang termasuk dalam kategori tersebut, sebelum berangkat sekolah smartphone-nya harus ditinggal di rumah dalam keadaan nonaktif.

Baca juga:

Brodo: dari Medsos, Kini Official Merchandise Asian Games 2018

Tak cuma untuk smartphone, peraturan tersebut juga melarang penggunaan perangkat yang sejenis, seperti tablet, komputer, dan perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. Meski begitu, masih ada pengecualian untuk siswa disabilitas dan penggunaan untuk kepentingan pembelajaran.

Baca juga:

Go-Food Fest Ditutup, Go-Jek Terusir di Tanah Sendiri?

Aturan tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Prancis. Sebelumya pada tahun 2010 silam, penggunaan smartphone juga sempat dilarang selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sementara awal tahun 2018 lalu, para anggota parlemen melarang melakukan texting saat berkendara, walaupun sedang berhenti dan menepi di pinggir jalan sekali pun.

Baca juga:

TCash Rambah Transportasi Publik melalui QR Code

Desember 2017 lalu, pemerintah Prancis mengumumkan bahwa pemberitahuan untuk menghentikan penggunaan smartphone adalah salah satu imbauan kesehatan untuk masyarakat, khususnya anak-anak. Pasalnya, mereka yakin bahwa anak-anak tidak seharusnya menghabiskan waktu begitu banyak untuk melihat layar smartphone.

SHARE:

XL Axiata: Merger dengan Smartfren, Hilalnya Belum Nampak

Sempat Hilang Kontak, Voyager 1 Kirim Data ke Ilmuwan NASA