Technologue.id, Jakarta – Samsung meresmikan metode pembayaran digitalnya, yakni Samsung Pay, di Indonesia. Dengan menggandeng dompet digital DANA dan GoPay, layanan Samsung Pay sudah beroperasi untuk memberikan kemudahan mengakses aplikasi uang elektronik melalui deretan smartphone Samsung.

Ditekankan pihak perusahaan, Samsung Pay bukanlah uang elektronik, melainkan sebagai jembatan (gateway) untuk menyediakan akses cepat dan mudah ke berbagai uang elektronik, dalam hal ini baru menjalin kerjasama dengan DANA dan GoPay. Samsung tidak menyimpan data akun dan transaksi pengguna.

Baca Juga:
Samsung Galaxy Tab S6 Punya Stylus Bisa Ng-charge Sendiri

“Hari ini kami meresmikan kolaborasi Samsung Pay dengan dua pemain besar pembayaran berbasis aplikasi di Indonesia, yaitu DANA dan GoPay, agar masyarakat pengguna uang elektronik dapat menikmati kemudahan saat bertransaksi cashless,” kata Bernard ANg, IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Untuk transaksi menggunakan DANA sudah bisa dinikmati, tanpa perlu mengunduh aplikasi terpisah. Sementara untuk Gopay, pengguna masih harus menunggu sampai kuartal pertama tahun depan.

Samsung mengatakan bahwa kerjasama ini tidak eksklusif, artinya mereka membuka pintu bagi penyedia layanan dompet digital lainnya di Tanah Air.

Samsung menghadirkan dua opsi pembayaran. Pilihan pertama dengan melakukan swipe up (usap ke atas) dari home screen. Meski smartphone dalam kondisi terkunci, pengguna tetap bisa melakukan swipe up untuk mengakses Samsung Pay.

Setelah masuk ke aplikasi Samsung Pay, pengguna bisa menentukan sumber dana mana yang akan dipakai untuk bertransaksi.

Baca Juga:
Samsung Galaxy S9 dan S9+ Bakal Dapat Android 10

Kemudian opsi kedua dengan aplikasi kamera. Caranya, pengguna hanya perlu membuka kamera Samsung dan mengarahkannya pada kode QR merchant untuk langsung bertransaksi.

“Dengan Samsung Pay, kami membuat experience pengguna menjadi lebih mudah. Salah satu caranya bisa melalui kamera di ponsel. Buka kamera, lalu begitu baca QR Code, akan langsung beralih ke Samsung Pay,” tutur Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Pay tersedia di seluruh range produk smartphone Samsung, mulai dari yang entry level seperti Galaxy A10s, Galaxy A20s, sampai ponsel premium seperti Galaxy Note 10 Plus. Pengguna smartphone Samsung terbaru akan langsung mendapatkan aplikasi Samsung Pay, pre installed pada smartphone mereka.

Selain itu, Samsung Pay juga bisa diunduh di smartphone Samsung yang menggunakan sistem operasi Android Pie atau Android versi 9.0 ke atas. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play maupun Galaxy Store.