Technologue.id, Jakarta – Kegagalan akan Galaxy Note 7 tidak menyulutkan niat Samsung untuk merilis generasi penerusnya yakni Galaxy Note 8 beberapa bulan lalu. Meskipun Galaxy Note 7 sempat meledak dikarenakan overheat, tak membuat fans Samsung kecewa, justru menunggu kehadiran Galaxy Note 8. Hingga saat ini, Samsung belum mengumumkan penyebab pasti meledaknya Galaxy Note 8.

Kebanyakan sumber mengatakan bahwa penyebab meledaknya Galaxy Note 8 tersebut adalah baterai berkualitas buruk yang menimbulkan panas belebih pada Galaxy Note 8 sehingga memicu ledakan. Tak ingin hal serupa terjadi, Samsung menjamin bahwa baterai Galaxy Note 8 memiliki kualitas terbaik sehingga meminimalisir terjadinya overheat. Selain lebih aman dan kualitas baterai lebih baik, Samsung memberikan sejumlah peningkatan terhadap Galaxy Note 8.

Sejumlah fitur dan spesifikasi handal hadir di Galaxy Note 8. Adapun fitur menarik yang diusung Samsung Galaxy Note 8 meliputi dual camera, S-Pen, Bixby, always-on display, water resistant dan lainnya. Spesifikasinya pun sudah mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya. Dengan begitu, wajar adanya jika Samsung Galaxy Note 8 dinanti-nanti para penggemarnya. Kali ini tim Technologue.id berkesempatan mereview Samsung Galaxy Note 8. Berikut ulasannya.

Unboxing

Unboxing dan kelengkapan Samsung Galaxy Note 8

Kesan pertama kami saat melihat box Galaxy Note 8 langsung teringat pada box produk flagship Samsung lainnya seperti Galaxy Note 7, S8, S7 dan lainnya. Hampir sama dengan pendahulunya, box  Galaxy Note 8 hadir dengan warna hitam dipadukan logo Samsung yang juga berwarna hitam. Sayangnya, box tersebut tidak memuat tulisan Samsung Galaxy Note 8.

Ketika kami unboxing, di dalamnya terdapat satu unit phablet Samsung Galaxy Note 8 beserta aksesorisnya. Tak ketinggalan, S-Pen sebagai aksesoris andalan Samsung disematkan di dalam tubuh Galaxy Note 8. Di dalam box terdapat aksesoris seperti S-Pen, ekepala charger, kabel USB type-c, earphone, konektor OTG, cover pelindung, sim tray ejector, empat buah earbud serta buku panduan. Hadir pula aksesoris pendukung S-Pen seperti sebuah penjapit dan lima buah mata S-Pen.

Desain

Samsung Galaxy Note 8 hadir dalam 3 varian warna yakni Midnight Black, Orchid Gray dan Maple Gold. Kali ini tim Technologue.id mereview Samsung Galaxy Note 8 dengan varian warna Maple Gold. Dari segi desain, phablet ini terlihat kokoh nan solid berkat body berbalut metal yang juga digunakan pada produk flagship Samsung lainnya. Konsep desain unibody tak absen dari Galaxy Note 8.

Ketika digenggam, Galaxy Note 8 cukup nyaman dan tidak terlau berat dengan dimensi 162.5 x 74.8 x 8.6 mm dan berat 195 gram. Walaupun besar, phablet ini masih cukup pas dengan ukuran saku celana ketika dimasukan ke dalam saku celana. Namun, body metal tersebut membuat Galaxy Note 8 terasa licin saat digenggam. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggenggam galaxy Note 8, terlebih lagi saat terkena air. Karena Samsung Galaxy Note 8 mengusung fitur water resistant.

Galaxy Note 8 Tampak Depan

Layar lengkung Dual Edge Super AMOLED seluas 6,2 inci terbentang di sisi depan Galaxy Note 8. Sama seperti pendahulunya, Samsung menghilangkan bezel pada layar Galaxy Note 8 sehingga layar telihat lebih luas menutupi tepi depan smartphone. Masih di sisi depan, terdapat iris recognition LED, iris recognition camera, notification LED, earpice, proximity sensors serta kamera depan beresolusi 8.0 MP. Sayangnya, tombol fisik harus absen dari Galaxy Note 8.

Galaxy Note 8 Tampak Belakang

Sementara di bagian belakang, ditemukan kamera utama ganda dengan masing – masing resolusi 12MP, LED Flash, fingerprint sensor, heart rate sensor dan logo Samsung. Bagian atas terlihat slot SIM card dan SD card, port sim ejector, serta lubang mic. Port USB type-C, jack audio 3.5mm, mic, speaker dan port untuk S-Pen terlihat di bagian bawah. Sisi kiri dijumpai tombol Bixby serta tombol volume up and down. Sementara di sisi kanan hanya terdapat tombol power saja.

Sisi kanan Galaxy Note 8
Sisi kiri Galaxy Note 8
Bagian atas Galaxy Note 8
Bagian bawah Galaxy Note 8
Share this