Technologue.id, Jakarta – Meski beberapa tipe smartphone sempat ludes begitu cepat dalam beberapa hari setelah mendarat di pasar, jika dibandingkan dengan tahun lalu, akhir tahun ini kemungkinan total penjualan smartphone akan lebih kecil secara global.

Mengutip dari GSMArena (01/08/19), salah satu lembaga riset pasar, Gartner memprediksi bahwa pada semester kedua tahun 2019 ini tren penjualan smartphone secara global akan mengalami penurunan.

Sampai akhir tahun 2019 nanti, pendistribusian smartphone akan menurun 2,5 persen. Pasalnya, pada akhir tahun 2018 kemarin, angkanya mencapai 1,55 miliar unit. Sementara akhir tahun 2019 nanti, akan berkurang menjadi 1,52 miliar unit.

Data Riset Gartner (Sumber: GSMArena.com)
Data Riset Gartner (Sumber: GSMArena.com)

“Pada pasar yang sudah matang, smartphone kelas atas mengalami kelebihan pasokan dan komoditas, dengan harga jual rata-rata yang lebih tinggi dan tidak ada fitur atau pengalaman baru yang menarik bagi pengguna untuk memperbaharui perangkat lamanya”, pernyataan Gartner.

Jika dibagi berdasarkan wilayah, penurunan pendistribusian smartphone terjadi di Jepang sebanyak 6,5 persen dari tahun ke tahun dan disusul oleh Eropa Barat dengan 5,3 persen. Di sisi lain, ada juga beberapa wilayah yang malah meningkat, seperti Eurasia, Afrika, dan Timur Tengah, masing-masing 1,5 persen, 1,2 persen, dan 0,9 persen.