Roadmap 2020, Oppo Geber AI, IoT, dan 5G

Technologue.id, Jakarta – Internet of things (IoT) akan menjadi bisnis baru bagi Oppo untuk memasuki era 5G. Mulai tahun ini, vendor ponsel asal Tiongkok itu akan fokus di tiga tren teknologi untuk mengembangkan image barunya.

Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, mengungkapkan bahwa perusahaannya ingin merubah image baru menjadi ‘Technology Company’. Menurutnya, Oppo tidak lagi ingin dikenal hanya sebagai produsen smartphone, melainkan fokus teknologi yang telah dikembangkan Oppo.

“Yang akan terjadi di 2020, Kita akan fokus di AI (Artificial Intelligence), IoT, dan 5G,” ucap Aryo Meidianto, kala hadir di acara perkenalan Forum Wartawan Teknologi (Forwat), di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga:
Potensi Perangkat IoT di Segmen B2B Menggiurkan

Untuk implementasi AI, Oppo telah membenamkan sistem kecerdasan buatan ini dalam beberapa model smartphone dari seri F (F5, F7) sejak 2017. Oppo menggunakan algoritma AI untuk melakukan beautification yang personafikasi. Sehingga membuat orang tampak menarik saat foto selfie.

Selanjutnya, dikatakan Aryo, perkembangan kamera depan semakin canggih. Berbagai pemanfaatan kamera depan bisa lebih dari sekedar swafoto.

“Begitu banyak perkembangan (AI) kamera depan tidak hanya untuk Beautifikasi, tapi untuk unlock, security, dan lain-lain,” ujarnya.

Masih dari ranah kecerdasan buatan, Oppo juga mengembangkan teknologi AI Virtual Assistant bernama Breeno. Breeno ini menjadi salah satu kunci dari Artificial Intelligence yang berkaitan dengan ekosistem Oppo sebagai digital company.

Berlanjut ke bisnis IoT, Oppo baru terjun ke sektor ini pada tahun 2019. Adapun beberapa produk yang sudah tercipta melalui tim divisi IoT Oppo ini adalah Enco Q1, Oppo Enco Free, Oppo 5G CPE T1, dan Oppo AR Glass. Oppo Enco Q1 telah resmi meluncur bersamaan dengan smartphone Oppo Reno2.

Baca Juga:

Sementara di sektor 5G, Oppo telah melakukan banyak percobaan untuk implementasi dan pengembangan jaringan generasi kelima tersebut. Mereka juga telah meluncurkan smartphone 5G Oppo pertama, yaitu Reno 5G, pada tahun lalu.

Lebih lanjut soal roadmap 2020, Oppo pun siap menggelontorkan dana invetasi dengan angka yang besar untuk tim riset dan pengembangan. Produsen ponsel seri Reno ini menyiapkan dana sebesar US$ 1,43 miliar untuk menggeber implementasi teknologi terbaru.

“Di 2020 ini, masyarakat akan semakin banyak melihat produk AI, IoT dan 5G dari Oppo,” kata Aryo.

Recent Articles

Bikin Panas Hubungan Dua Negara, Aplikasi Ini Dihapus Google

Technologue.id, Jakarta - Ketegangan antara India dan China kian memanas. Bahkan beberapa waktu lalu salah satu pengembang India meluncurkan aplikasi Remove China...

Gajah Mati Berdiri Setelah Makan Petasan, Netizen Murka

Technologue.id, Jakarta - Seekor gajah betina yang sedang mengandung mati secara tragis di distrik Palakkad, Kerala, India. Gajah tersebut mati berdiri setelah...

Zenius Gelar Try Out UTBK Gratis, Berhadiah Beasiswa Pendidikan

Technologue.id, Jakarta - Zenius Education mengumumkan pembukaan registrasi Grand Try Out yang diadakan untuk membantu calon mahasiswa lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer...

Gojek Dukung 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online di Tengah Pandemi COVID-19

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali membuktikan kepemimpinan dan keandalannya sebagai super app terdepan di Indonesia dengan menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar...

Masuki New Normal, FastKey di Rumah.com Hadirkan Unit Properti Langsung ke Genggaman Pembeli

Technologue.id, Jakarta - PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia induk usaha dari Rumah.com hari ini menghadirkan fitur digital baru 'StoryTeller'...

Related Stories