Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Saham Meningkat, Nvidia dan Samsung Pimpin Pasar Semikonduktor Global
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tingkat penjualan semikonduktor global saat ini meraih rekor tertinggi. Nvidia dan Samsung menjadi market leader pasar semikonduktor global.

Samsung berhasil memperoleh peningkatan pendapatan yang luar biasa sebesar 49% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sementara SK hynix dan Micron mengalami lonjakan pendapatan masing-masing sebesar 24,1% dan 17,9%.

Baca Juga:
Google Bocorkan Pengembangan Android 15, Peningkatannya Sedikit

Selama periode ini, pendapatan kolektif ketiga produsen tersebut melonjak sebesar 33%. Perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan pendapatan selama periode ini adalah MediaTek (peningkatan 17,7%), Qualcomm (14,2%), dan NVIDIA (10,4%).

Berdasarkan data WSTS, penjualan semikonduktor global baru-baru ini mencapai level tertinggi dalam 20 tahun terakhir. Setelah mengalami penurunan sejak tahun 2021, tingkat penjualan semikonduktor global mengalami peningkatan yang signifikan pada kuartal terakhir tahun 2023.

Sumber: Gizmochina

Begitu juga pada kuartal keempat tahun 2023, di mana terjadi peningkatan penjualan komponen semikonduktor global sebesar 8,4% dibandingkan kuartal sebelumnya dan kenaikan signifikan sebesar 11,6% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga:
Meluncur di IIMS 2024, All New Ertiga Hybrid Cruise Dibanderol Mulai Dari Rp288 Juta

Faktor signifikan yang berkontribusi terhadap tren peningkatan penjualan semikonduktor adalah prevalensi Kecerdasan Buatan. AI kini menjadi bagian integral dari kehidupan kita, dan penggunaannya tersebar luas di hampir semua sektor.

Penting untuk diingat bahwa pengoperasian perangkat lunak berbasis AI memerlukan banyak sumber daya, sehingga perusahaan harus menghadapi tantangan terkait bandwidth memori yang tinggi. Lonjakan penjualan perangkat semikonduktor, khususnya di bidang penyimpanan, disebabkan oleh peningkatan chip penyimpanan.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun