Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Saingi Nvidia, Microsoft Dikabarkan Kembangkan Chip AI Sendiri
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Microsoft dikabarkan sedang mengembangkan chip AI-nya sendiri yang dapat digunakan untuk melatih large language models (LLM) demi menghindari ketergantungan terhadap Nvidia. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Microsoft telah memulai pengembangan chip tersebut secara diam-diam sejak 2019 dan sejumlah karyawan Microsoft serta OpenAI tengah menguji performa chip tersebut pada beberapa LLM terbaru seperti GPT-4.

Saat ini, Nvidia menjadi salah satu pemasok utama chip server AI, dan berbagai perusahaan pengembang AI di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk membeli chip tersebut. Diperkirakan OpenAI sendiri memerlukan lebih dari 30.000 GPU A100 dari Nvidia untuk komersialisasi ChatGPT.

Baca Juga:
Microsoft Mengerjakan Chip AI-Nya Sendiri Guna Menghemat Biaya

Permintaan yang begitu ini membuat harga chip Nvidia meroket. GPU H100 terbaru dari Nvidia saja telah mencapai harga 40.000 USD di eBay, menunjukkan betapa besarnya kebutuhan akan chip spek tinggi yang dapat membantu pengembangan software AI.

Sementara Nvidia terus berusaha memproduksi chip sebanyak mungkin untuk memenuhi permintaan, Microsoft sedang sibuk mencari solusi dari dalam rumah sendiri dengan harapan dapat menghemat lebih banyak dana yang dapat digunakan untuk proyek-proyek pengembangan AI mereka.

Baca Juga:
Kini Chatbot AI Bing Microsoft di iOS Dapat Dinikmati melalui Keyboard SwiftKey

Microsoft dikabarkan sedang mengerjakan sebuah proyek yang dijuluki ‘Athena’, sebuah proyek yang diduga merupakan proyek pengembangan chip AI mereka. Walaupun belum ada informasi lebih lanjut dari Microsoft soal ketersediaan chip AI ini untuk pelanggan Azure, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Microsoft kemungkinan besar akan membuat chip tersebut tersedia secara luas, tidak hanya untuk produk Microsoft, namun juga untuk OpenAI, paling cepat pada awal tahun depan. 

Selain mengembangkan chip AI, Microsoft juga diketahui tengah mengembangkan chip ARM-nya sendiri yang nantinya mungkin akan digunakan untuk server dan perangkat Surface-nya. Meski belum ada tanda-tanda chip ARM tersebut tengah diproduksi, Microsoft diketahui sedang bekerja sama dengan AMD dan Qualcomm untuk menciptakan chip khusus yang akan digunakan dalam laptop Surface dan Surface Pro X.

SHARE:

Misi Odysseus Dihentikan Setelah 7 Hari Mendarat di Bulan

Mobil Balap Toyota All New Agya GR Sport Raih Podium Pertama di ISSOM 2024