Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Microsoft Mengerjakan Chip AI-Nya Sendiri Guna Menghemat Biaya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Microsoft dikabarkan sedang membangun chip AI-nya sendiri untuk mengurangi ketergantungan pada Nvidia yang mahal. Menurut laporan The Information, Microsoft telah secara diam-diam mengembangkan chip tersebut sejak 2019, dan karyawan Microsoft dan OpenAI telah menguji kinerjanya untuk model bahasa besar terbaru seperti GPT-4.

Dalam industri chip server AI, Nvidia adalah pemasok utama saat ini. Perusahaan-perusahaan berlomba untuk membeli chip tersebut, dan diperkirakan OpenAI akan membutuhkan lebih dari 30.000 GPU A100 Nvidia untuk komersialisasi ChatGPT. Permintaan yang tinggi ini memperlihatkan bahwa chip kelas atas yang dapat membantu menerapkan perangkat lunak AI sangat dibutuhkan dan sangat mahal.

Baca Juga:
Kini Chatbot AI Bing Microsoft di iOS Dapat Dinikmati melalui Keyboard SwiftKey

Sementara Nvidia berusaha membangun sebanyak mungkin chip untuk memenuhi permintaan, Microsoft mencoba mencari alternatif yang lebih hemat biaya dengan membangun chip sendiri. Microsoft dilaporkan telah mempercepat pekerjaannya pada proyek codename Athena, sebuah proyek untuk membangun chip AI-nya sendiri.

Meskipun belum jelas apakah Microsoft akan menyediakan chip ini untuk pelanggan cloud Azure-nya, Microsoft berencana untuk membuat chip AI-nya tersedia lebih luas di dalam Microsoft dan OpenAI pada awal tahun depan. Microsoft juga memiliki peta jalan untuk chip yang mencakup beberapa generasi mendatang.

Chip AI Microsoft sendiri bukanlah pengganti langsung untuk Nvidia. Namun, upaya internal dapat memangkas biaya secara signifikan karena Microsoft terus mendorong untuk meluncurkan fitur bertenaga AI di Bing, aplikasi Office, GitHub, dan di tempat lain.

Selain chip AI, Microsoft juga sedang mengerjakan chip berbasis ARM untuk server dan perangkat Surface di masa depan. Meskipun belum ada kepastian mengenai penjualan, Microsoft telah bekerja dengan AMD dan Qualcomm untuk chip khusus untuk perangkat Surface Laptop dan Surface Pro X.

Baca Juga:
Microsoft Luncurkan Bing Image Creator Dengan Model AI DALL-E

Sejumlah raksasa teknologi seperti Amazon, Google, dan Meta juga memiliki chip buatan sendiri untuk AI. Meskipun begitu, banyak perusahaan masih mengandalkan chip Nvidia untuk mendukung model bahasa besar terbaru.

Dalam upayanya untuk menghemat biaya dan mengurangi ketergantungan pada pemasok chip luar, Microsoft memperlihatkan bahwa perusahaan tersebut memiliki potensi besar dalam industri chip AI. Chip AI buatan Microsoft dapat membantu perusahaan tersebut terus memimpin dalam industri AI dan mengembangkan fitur-fitur baru yang lebih canggih.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam