Technologue.id, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia yang tahun ini mengangkat tema “Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik”, Instagram membagikan informasi dan tips terkait beragam fitur keamanan yang ada di platformnya.

Beragam fitur ini memastikan pengguna dapat melindungi diri dan privasinya selama beraktivitas di dalam Instagram. Berikut ini beberapa tips keamanan dari Instagram yang mungkin Anda perlukan.

Bagaimana cara melindungi privasi Anda?

Perlu diketahui bahwa Anda memiliki kendali terhadap apa saja yang ingin Anda bagikan di Instagram. Anda dapat membuat akun Anda menjadi privat, sehingga Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengikuti Anda di Instagram dan menghapus pengikut/followers tertentu kapan saja.

- Advertisement -

Anda juga dapat menonaktifkan “Status Aktivitas” agar orang tidak dapat melihat bahwa Anda sedang online. Untuk mengaktifkan semua fitur tersebut, pilih “Privasi dan Keamanan” di bagian Pengaturan.

Jika ada sebuah foto atau video yang ingin Anda hilangkan dari Feed, Anda dapat menghapusnya dengan mengklik “Hapus” di bagian atas postingan, atau Anda dapat mengarsipkan postingan tersebut.

Jika Anda ingin membagikan Stories hanya kepada orang-orang tertentu, Anda memiliki pilihan untuk membuat daftar teman dekat di Stories dan membagikan postingan hanya dengan orang-orang yang telah Anda masukkan ke dalam daftar tersebut. Untuk membuat daftarnya, Anda harus mengunjungi profil Instagram Anda dan mengklik pilihan “Teman Dekat” atau “Close Friends” di bagian menu.

Bagaimana cara memastikan agar akun Instagram tetap aman?

Kehilangan akses masuk ke akun Anda sendiri dapat menjadi sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akun dari tindakan peretasan.

Pertama, buat kata sandi yang kuat. Setidaknya, gunakan kombinasi enam karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan tanda baca (seperti ! dan &), serta hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk semua layanan internet.

Apabila Anda sudah memiliki kata sandi yang kuat, tingkatkan keamanan akun Anda dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DUO Mobile atau Google Authenticator dalam melindungi akun Anda. Anda juga bisa menemukan cara mengatur autentikasi dua faktor di sini.