Technologue.id, Jakarta – Facebook dikabarkan akan memiliki pesaing baru bernama WT:Social. WT:Social merupakan pembaruan versi dari situs WikiTribun Wikipedia yang diluncurkan tahun 2017 lalu. Jejaring sosial baru ini diumumkan oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales.

Baca Juga:
Ganti Font, Facebook Siapkan Logo Baru

Dalam mendapatkan sumber pendanaan, WT:Social mengandalkan uluran tangan dari para penggunanya. Berbeda dengan Facebook yang mendapatkan pemasukan melalui iklan.

Wt:Social memiliki komitmen menghadirkan berita yang benar dan bukan berita yang misleading. Berbeda dengan platform seperti Facebook, Twitter, atau Instagram yang banyak dikeluhkan menyebarkan berita palsu dan clickbait.

Baca Juga:
Facebook Hapus 11,6 Juta Konten Berbahaya

Menurut klaim yang tertera di situs resmi WT:Social, jejaring sosial ini akan melindungi data pribadi penggunanya.

“Kami tidak akan menjual data Anda. Platform kami bertahan atas kemurahan hari pendonor untuk memastikan privasi terlindungi dan ruang sosial Anda bebas iklan,” demikian bunyi keterangan dari perusahaan.

Bagi pengguna yang ingin bergabung, mereka akan ditambahkan ke daftar tunggu lebih dulu dan diminta untuk mengundang orang lain, atau memilih pembayaran berlangganan. Biaya langganan WT:Social terbilang mahal yaitu £ 10 (sekitar Rp156 ribu) per bulan atau £ 80 (sekitar Rp1,2 juta) per tahun di Inggris.

WT:Social sendiri tercatat telah tembus 160.000 pengguna.