Technologue.id, Jakarta – Sebuah rumor yang berhembus dari negeri asal Samsung mengatakan kalau mereka akan lebih memasyarakatkan Tizen. Caranya, yaitu dengan memasang sistem operasi itu ke semua produk Samsung.

AndroidCommunity (16/6/16) mengendus vendor asal Korea Selatan itu mengincar ‘kemerdekaan’ dari Android yang notabene milik Google. Namun, tentu program ini tak akan mudah. Sebab, semua gadget Samsung masih mengusung Android, termasuk flagship-nya yang dijejali sejumlah fitur menarik bawaan Android.

“Kalau Anda tidak punya ekosistem sendiri, nanti Anda jadi tidak punya masa depan,” begitu ujar petinggi Samsung Electronics yang tidak mau dipublikasikan identitasnya. Kutipan inilah yang mengisyaratkan migrasi ke Samsung Tizen akan dilakukan sesegera mungkin.

Sejauh ini, pemakai handset bersistem operasi Tizen memang masih minoritas secara global. Akan tetapi, narasumber tadi turut menyebut kalau Samsung sebenarnya telah menjual sekitar 64 juta smartphone dengan OS Tizen. Jadi, bisa dibilang Tizen masih punya nilai kompetitif di mata konsumen.