Samsung Garap VoNR, Penerus VoLTE

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Samsung Electronics mengumumkan proyek pengembangan solusi VoNR (Voice over New Radio) untuk layanan panggilan suara 5G. Bisa katakan VoNR ini merupakan penerus dari VoLTE, karena memiliki cara kerja yang hampir sama.

Teknologi VoNR mendukung panggilan suara dan layanan data menggunakan jaringan 5G, sementara pendekatan jaringan 5G saat ini beralih ke jaringan 4G saat melakukan panggilan suara.

Baca Juga:
Teknologi 5G Bakal Jadi Penyelamat Samsung?

Tanpa perlu berpindah antar jaringan, VoNR memberikan peluang lebih tinggi untuk mempertahankan koneksi dalam panggilan suara serta waktu koneksi panggilan yang lebih cepat. Pengguna juga dapat menikmati kecepatan 5G saat memainkan game berperforma tinggi atau streaming video berkualitas tinggi bahkan saat sedang menelepon.

Mengutip Samsung Newsroom, solusi VoNR Samsung mencakup teknologi utama seperti IP Multimedia Subsystem (IMS), Quality of Service (QoS), dan handover.

IMS adalah teknologi utama untuk VoNR yang memungkinkan semua layanan multimedia – seperti audio, video, dan layanan data ekstensif – dalam satu jaringan IP (protokol internet).

Samsung juga telah mengembangkan QoS yang memberikan dukungan stabil untuk 5G VoNR dan teknologi yang membantu menjembatani tanpa gangguan antara BTS jaringan terdekat. Fitur VoNR sendiri akan tersedia di smartphone 5G saja.

Baca Juga:
Rumor: Samsung Galaxy Note Bakal Usung Layar Lipat

“Dengan lonjakan jumlah pengguna smartphone 5G, ada permintaan yang lebih tinggi untuk berbagai teknologi dan layanan 5G,” kata Jonghan Kim, Wakil Presiden System LSI Business di Samsung Electronics. “Kami akan terus menghadirkan teknologi komunikasi seluler generasi berikutnya, termasuk dukungan layanan VoNR, yang akan menyatukan pengguna dengan lebih cepat.”

Berkat inovasi ini, Samsung menjadi bagian dari penyebaran VoNR komersial pertama di industri di Singapura pada bulan Juli dan saat ini menyediakan solusi terintegrasi 5G VoNR kepada produsen perangkat seluler global sambil melakukan uji lokalisasi dan otomatisasi untuk penyebaran VoNR dengan perusahaan jaringan global.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories