Technologue.id, Jakarta – Setelah beragam desas-desus, petinggi Samsung, DJ Koh, memberikan petunjuk kalau perusahaannya memang akan membuat smartphone lipat. Kabar yang berembus dari Korea Selatan, ponsel itu disebut sebagai Galaxy F, walaupun nama itu belum secara resmi disematkan.

Baca juga:

Samsung: Fitur Baru Tak Harus dari Smartphone Flagship

Melansir AndroidCommunity.com (05/09/2018), bakal calon ponsel lipat ini akan berbentuk seperti buku. Layarnya berukuran sekitar 7,3 inci dengan tipe konon OLED fleksibel yang dipisahkan oleh engsel di bagian tengah.

Begitu dilipat, gawai ini menjadi semacam ponsel pintar biasa dengan layar sentuhnya berukuran 4,6 inci. Material display-nya pun sama, OLED fleksibel.

Baca juga:

Samsung Galaxy S10 Akan Pakai Bezel “Aneh”?

Menurut Koh, layar Galaxy F yang lebih luas lebih cocok dipakai kala dibutuhkan saja, mungkin untuk menikmati konten multimedia. Untuk penggunaan sehari-hari, layar luarnya yang berukuran 4,6 inci lebih disarankan.

Sebelumnya, santer diberitakan kalau foldable smartphone Samsung akan dirilis pada tahun 2019, katanya di MWC 2019. Rumor yang beredar di semester pertama 2018 itu meyebut kalau ponsel itu bakal bernama Galaxy X.

Baca juga:

Samsung Dominasi Pasar Soundbar Indonesia

Tren menuju ponsel lipat sendiri sudah coba dimulai oleh ZTE yang mengeluarkan Axon M. Vendor-vendor selain Samsung, seperti Huawei dan Oppo , punsudah mendaftarkan paten desain smartphone lipatnya di tahun ini.