Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Samsung Mulai Kewalahan di Asia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Nama Samsung di bisnis smartphone global memang masih besar. Kendati demikian, cengkeraman raksasa Korea Selatan itu tampaknya mulai mengendur. Sebabnya, penjualan ponsel pintar Samsung pada kuartal keempat 2017 di China semakin mengenaskan. Pangsa pasar mereka di Negeri Tirai Bambu itu hanya 0,8 persen, yang artinya Samsung cuma menjual 9,8 juta unit smartphone selama Oktober sampai Desember 2017. Menurut penjabaran dari Strategy Analytics yang redaksi kutip dari Digitimes.com (18/04/2018), ini pertama kalinya penjualan Samsung berada di bawah 10 juta unit.

Baca juga:

Samsung Siapkan Smartphone Bezel-less Murah, Ini Bocorannya

Performa perusahaan berumur 80 tahun itu pada Q4 2017 juga melengkapi penurunan performa Samsung di Tiongkok sedari Q1 2017. Tiga bulan pertama tahun lalu, pangsa pasar mereka sempat melebihi 3 persen, tetapi merosot menjadi 2,7 persen pada Q2, 2 persen pada Q3, dan kurang dari 1 persen pada Q4. Selain menderita di China, Samsung pun melemah di India. Posisinya sebagai vendor nomor satu di India selama enam tahun terakhir dikudeta oleh Xiaomi pada kuartal yang sama. Berada di posisi kedua, kini Samsung hanya punya market share 23,9 persen dari 26,2 persen pada kuartal sebelumnya.

Baca juga:

Layar Lipat dan Bixby Jadi Andalan Samsung di 2018?

Walaupun masih menjadi jagoan di dunia, kewalahannya Samsung di dua pasar besar Asia ini perlu diwaspadai. Mungkin, Samsung perlu mempertimbangkan menurunkan price tag produk terbarunya tanpa mengurangi inovasi yang mereka hasilkan. Pasalnya, banderol tinggi pada perangkat baru ditengarai membuat konsumen beralih ke brand lain.

Baca juga:

Ponsel Murah Samsung Bakal Bisa Hasilkan Foto Bokeh Layaknya Flagship

Selain itu, performa smartphone mid-range mereka yang standar tapi dibanderol tinggi juga tak lepas dari kritik para analis pasar. Segmen menengah ini, gadget Samsung disebut terus ditekan oleh brand lain macam Oppo, Vivo, Xiaomi, juga Huawei.

SHARE:

Selesaikan Tur Asia, CEO Apple Tim Cook Temui PM Singapura Lawrence Wong

Catat 6.400 Lebih Peserta, Huawei Ungkap Pemenang ICT Competition Asia-Pacific 2023-2024