Samsung Pamerkan Asisten Rumah Tangga Menggemaskan – Technologue
Samsung Pamerkan Asisten Rumah Tangga Menggemaskan

Samsung Pamerkan Asisten Rumah Tangga Menggemaskan

Samsung Pamerkan Asisten Rumah Tangga Menggemaskan
Samsung Ballie

Technologue.id, Jakarta – Samsung memperkenalkan Ballie, robot berbentuk bola kecil yang ditujukan sebagai penjaga rumah pada event Consumer Electronics Show (CES) 2020. Memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), Ballie diklaim dapat menjadi robot keamanan rumah, asisten kebugaran, bahkan menjadi teman bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

Dilansir dari The Verge (8/1/2020), Pada demo yang dilakukan, Ballie mengikuti H.S. Kim, selaku Samsung Consumer Electronics President and CEO, melintas di atas panggung. Ballie juga mengeluarkan suara lonceng sebagai respon atas perintah Kim yang meminta Ballie mengucapkan Hai kepada para audience.

Baca Juga:
AiHouse Padukan AI Dengan Industri Desain Interior

Namun Ballie tidak diciptakan hanya untuk melakukan hal-hal kecil tersebut. Dalam sebuah video promosi yang ditayangkan, Samsung menunjukan visi yang lebih besar untuk Ballie di masa depan dengan kemampuan sebagai asisten manusia.

Dalam video tersebut, Ballie digambarkan bisa membuka tirai rumah pemiliknya, menyalakan TV agar anjing peliharaan memiliki sesuatu untuk ditonton, dan memanggil vakum seperti Roomba untuk membantu membersihkan kotoran.

Baca Juga:
Gemas! MarsCat Robot Kucing Biokonik Pertama di Dunia

Samsung bukanlah yang pertama membuat robot dengan konsep seperti ini, Sony juga baru baru ini merilis API untuk Aibo, anjing robotnya yang memungkinkan pemiliknya terhubung dengan perangkat rumah pintar. Beberapa skenario yang ditampilkan juga sangat mirip dengan apa yang dilakukan Samsung dengan Ballienya.

Samsung tidak memberikan informasi kapan Ballie akan diluncurkan untuk tujuan komersil dan berapa harganya. Jika memang nantinya sudah diluncurkan, Ballie tampaknya akan bisa jadi asisten rumah yang dapat diandalkan sekaligus menggemaskan.