Technologue.id, Jakarta – Pada tahun 2020 ini, Samsung sudah memperkenalkan lini smartphone flagship yang akan dipasarkan dalam waktu dekat ini. Salah satunya adalah Galaxy S20 Ultra 5G. Dan RAM untuk perangkat tersebut tengah dipersiapkan oleh Samsung.

Mengutip dari PhoneArena (25/02/20), Samsung baru saja mengumumkan bahwa mereka sudah mulai memproduksi RAM secara massal untuk Galaxy S20 Ultra 5G. Dan kali ini, mereka menggunakan teknologi 10 nm generasi kedua dalam memproduksi RAM sehingga kinerjanya bisa jauh meningkat.

Baca Juga:

Tak cuma soal teknologi baru, RAM berkapasitas 16 GB yang akan disematkan di dalam Galaxy S20 Ultra 5G pun merupakan hal yang baru bagi industri smartphone. Oleh karenanya, Samsung mencoba untuk menggunakan delapan buah cip 12 GB dan empat buah cip 8 GB guna membuat kinerja RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB tersebut bisa optimal.

LPDDR5 buatan Samsung sendiri mampu melakukan transfer data hingga 5.500 megabits per detik. Ini lebih cepat 1,3x ketimbang LPDDR4X yang sebelumnya sempat dibuat oleh Samsung. Tak cuma itu, LPDDR5 tersebut juga mampu mengirit konsumsi daya hingga 20 persen dengan kapasitas dua kali lebih besar dari LPDDR4X yang hanya 8 GB.

Dengan begitu, Samsung yakin bahwa RAM 16 GB milik Galaxy S20 Ultra 5G bakal menjadi pemimpin memori mobile dipasaran untuk saat ini. Terlebih, ia juga dibekali dengan kemampuan 5G dan fitur AI untuk menyajikan grafis yang lebih baik saat bermain game.