Samsung Unjuk Neo QLED TV Dibekali Quantum Mini LED

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tepat sebelum CES 2021 digelar, Samsung lebih dulu memamerkan jajaran smart TV 2021 lewat acara First Look yang pertama kalinya diadakan secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Portofolio yang diperkenalkan diantaranya Neo QLED, MICRO LED, dan jajaran Lifestyle TV 2021. Perangkat yang akan dibahas kali ini adalah Neo QLED.

Baca Juga:
Komitmen Samsung ‘Going Green’, Dari TV Eco-friendly Hingga Remote Tenaga Surya

Untuk tahun 2021, Samsung membawa generasi QLED ke level berikutnya dengan koleksi baru Neo QLED TV, termasuk QN900A 8K TV dan QN90A 4K TV. Merek “Neo” digunakan untuk menonjolkan teknologi panel baru yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas gambar dibandingkan model QLED tahun lalu.

Tidak seperti TV LED atau QLED biasa, Neo QLED menggunakan lampu latar “Quantum Mini LED” yang mampu menerangi layar. Menurut Samsung, setiap Mini LED memiliki ukuran sekitar 1/40 ketimbang LED standar yang ditemukan pada TV biasa. LED yang lebih kecil ini memungkinkan kontrol yang lebih tepat untuk peredupan lokal dengan lebih banyak zona.

“Pada kenyataannya, (Quantum Mini LED) itu sekecil sebutir pasir,” tutur Anant Baijal, Advanced R&D Group Samsung Electronics. “Alih-alih menggunakan lensa untuk menyebarkan cahaya, Quantum Mini LED memiliki satu lapisan mikro yang sangat tipis yang bisa mengisi layar dengan lebih banyak LED”

Teknologi ini akan menghasilkan kontras yang lebih baik dengan tingkat hitam yang lebih pekat dan highlight yang lebih cerah. Saat ini, TCL menjadi satu-satunya perusahaan yang menggunakan Mini LED pada produk TV-nya lewat TCL 8-Series dan 6-Series.

Baca Juga:
Samsung Tutup Pabrik TV di Tiongkok

Selain peningkatan kualitas gambar, TV 8K Neo QLED memiliki fitur “Infinity One Design” yang nyaris tanpa bingkai. Mereka juga menggunakan kotak Slim One Connect yang dapat dipasang untuk menampung port TV, sehingga panel akan tampak lebih ramping dan manajemen kabel yang lebih mudah.

“Bezelnya sangat tipis, seperti tidak terlihat. Kami juga memperkecil ukuran logo kami untuk pengalaman menonton tanpa batas,” ungkap Baijal.

Fitur-fitur yang dihadirkan dalam televisi pintar ini antara lain Samsung Health Smart Trainer, peningkatan fitur video call dengan Multi View dan camera movement, Super UltraWide GameView, PC experience pada Neo QLED, dan masih banyak lagi.

Soal harga, belum diketahui berapa banderol Neo QLED ini di pasaran nanti.

- Advertisement -

Latest News

Trending di Twitter, Apa sih “WA GB”?

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Twitter diramaikan dengan topik "WA GB". Hingga berita ini dimuat, Selasa (18/5/2021) topik tersebut sudah dicuitkan lebih...

Langganan Twitter, Bayar Rp42 Ribu per Bulan?

Technologue.id, Jakarta - Biaya langganan Twitter premium atau yang disebut Twitter Blue mulai terungkap. Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong...

Susunan Petinggi GoTo, Perkawinan Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Penggabungan usaha atau merger antara Gojek dengan Tokopedia melahirkan susunan manajemen perusahaan. Dalam perusahaan baru ini,...

Cara Migrasi Perpesanan WhatsApp ke Telegram

Technologue.id, Jakarta - Telegram telah meluncurkan fitur baru untuk membantu orang memindahkan riwayat obrolan mereka dari aplikasi lain termasuk WhatsApp.

Huawei P50 Jadi yang Terakhir untuk Leica?

Technologue.id, Jakarta - Desas desus berakhirnya kerja sama strategis yang dilakukan antara Huawei dan Leica sudah mulai berhembus sejak akhir tahun 2020...

Related Stories