HomeHeadlineSatelit Nano Karya Anak Bangsa Siap Meroket Akhir Tahun

Satelit Nano Karya Anak Bangsa Siap Meroket Akhir Tahun

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong pengembangan satelit nano di Indonesia. Kehadiran satelit nano buatan anak bangsa merupakan kekuatan mewujudkan Indonesia yang semakin digital dan maju.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, saat ini tengah dikembangkan satelit nano yang diinisiasi Surya University. Pengembangan ini juga melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sektor swasta Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dalam membantu research ground segment.

Baca Juga:
Menkominfo Pasang Target Komersialisasi Proyek Satelit Satria-1

Ia menuturkan, BRIN melalui organisasi riset penerbangan dan antariksa untuk memberikan pendampingan, sektor swasta dalam hal ini PSN menyumbangkan komponen satelit dan ORARI dalam membantu research ground segment. Serta akademisi untuk mendorong penguatan riset dalam penguasaan teknologi satelit oleh putra putri Indonesia.

Sementara itu, Kominfo mengambil peran untuk membantu perizinan filling orbit satellite kepada International Telecommunication Union (ITU) maupun proses – proses koordinasi satelit secara internasional.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi awal yang baik bagi pengembangan teknologi satelit dan roket di Indonesia,” ujar Johnny dalam konferensi pers Rencana Peluncuran Satelit Nano Indonesia, Senin (25/10).

Satelit tersebut berbentuk kubus dengan ukuran 10x10x10cm dan berat sekitar 1 kilogram.

Baca Juga:
Update Terbaru Penggunaan Filling Satelit Indonesia di Slot Orbit 113BT

Lebih lanjut Johnny mengatakan, keberadaan satelit yang handal menjadi salah satu prasyarat untuk memperbesar internet link ratio, memberi konektivitas ke seluruh wilayah nusantara. Termasuk wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (wilayah 3T).

“Hingga tahun 2030 mendatang diproyeksikan Indonesia membutuhkan kapasitas satelit sekitar 1 terabyte per second,” tutur Johnny.

Direktur Utama Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan, peran penting generasi muda dalam pembuatan satelit nano yang akan diluncurkan tersebut. Nantinya nano satelit akan dikirimkan pada Desember 2021 ke Jepang dan akan diluncurkan pada bulan April 2022.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More