Sederet Pencapaian Tokopedia Selama Ramadan 2021

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Ramadan 2021 baru saja berlalu. Antusiasme masyarakat memenuhi kebutuhan, berbagi dan beribadah dari rumah selama Ramadan tahun ini terlihat dari beberapa temuan menarik Tokopedia.

Tokopedia mencatat nilai penjualan yang luar biasa berkat tingginya antusiasme masyarakat tersebut. Adapun hasil temuan dari perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut:

Baca Juga:
Cara Tokopedia Dorong Penjualan UMKM Fesyen Muslim Lokal saat Ramadan

Kurir Same-day dan Instant Kebanjiran Order

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, data internal perusahaan menyebutkan bahwa pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan.

“Jika diakumulasi, pengguna bahkan dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24,000 tahun berkat layanan ini,” tuturnya.

Produk Paling Diminati Selama Ramadan di Tokopedia

Tokopedia juga mencatat Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh serta Fashion sebagai tiga kategori paling populer selama bulan Ramadan.

“Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir 4x lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” terang Ekhel.

Transaksi Parsel Membludak

Di sisi lain, transaksi parsel melonjak lebih dari 3x lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye. Dibutuhkan lebih dari dua tahun untuk seorang kasir menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia.

Secara umum, lebih dari 100,000 produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021.

UMKM Lokal Makanan Halal Ini Raih Peningkatan Transaksi Hampir 6x Lipat

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, turut mencatat peningkatan transaksi hampir 6x lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan ProdukHalal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Baca Juga:
Tokopedia Kembali Hadirkan Program Berbagi Parsel

Pengguna Tokopedia Kumpulkan Rp13 Miliar untuk Berbagi

Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat, terlihat dari jumlah Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp13 Miliar.

Masyarakat juga bisa beribadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam. “Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12x lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” jelas Ekhel.

Acara Ramadan Tokopedia Disaksikan Setengah Penonton TV Indonesia

Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2021 dan diisi oleh penampilan artis nasional seperti Iwan Fals, NOAH, Afgan serta artis internasional seperti The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, BTS, telah disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

“Data internal kami juga menunjukan bahwa dibutuhkan lebih dari 600,000 pesawat untuk mengangkut jumlah pengunjung Tokopedia di bulan Ramadan 2021,” tutup Ekhel.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories