Sediakan Smart Reply, Google Bikin Anda Makin Malas Balas Email

Ilustrasi Gmail (source: Wired)

Technologue.id, Jakarta – Apabila Anda adalah pengguna internet yang sibuk dengan urusan ini itu, menggunakan layanan surel dari Gmail pasti akan sangat meringankan beban hidup Anda. Soalnya, Google telah memberikan fitur baru untuk email service berumur 13 tahun itu.

Ya, di Google I/O 2017, aplikasi mobile Gmail telah dibekali dengan fitur Smart Reply. Kegunaannya adalah mempermudah dan mempercepat pengguna dalam membalas sebuah email.

Dengan adanya Smart Reply, Anda bakal mendapati tiga saran balasan berdasarkan konteks dari email yang Anda terima. Misalnya, ketika ada seseorang menanyakan apakah Anda diminta untuk memilih apakah ingin menghadiri meeting di hari Senin atau Selasa, maka akan muncul respons yang berisi persetujuan di hari Senin atau kesiapan Anda untuk hadir baik di hari Senin maupun Selasa.

Kalau respons Anda ada di salah satu boks yang disediakan, tinggal sentuh opsi yang ada, lalu edit jika diperlukan atau langsung mengirimnya.

Tampilan Smart Reply di Gmail (source: Google)

Dari penjelasan AndroidCommunity (17/05/17), fitur ini menggunakan machine learning. Jadi, pola Anda dalam berinteraksi akan dipelajari secara otomatis. Semisal Anda lebih sering mengetikkan “thanks!” daripada “thanks.”, maka saran yang muncul akan menyesuaikan diksi plus tanda baca yang lebih sering Anda pakai. Intinya semakin sering Anda berkomunikasi di Gmail, maka saran Smart Reply pun akan kian personal.

Pembarian ini sudah mulai digulirkan ke seluruh dunia. Namun, mungkin pengguna berbasa Indonesia belum seberuntung user yang kesehariannya menggunakan bahasa Inggris.

 

Baca juga:

Selain Kirim Email, Gmail Sudah Bisa Kirim Uang!

Demi Keamanan, Gmail Setop Dukungan Terhadap Javascript

Cara Batalkan Email Salah Kirim di Gmail untuk iOS

loading...