Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sega Akuisisi Angry Bird dengan Nilai Fantastis
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sega dikabarkan akan segera membeli Rovio Entertainment, perusahaan yang memiliki franchise game mobile Angry Birds, dengan nilai fantastis mencapai US$1 miliar. Menurut rumor yang beredar, kesepakatan besar ini kemungkinan akan segera selesai pada awal minggu depan.

Dilansir dari The Wall Street Journal, banyak yang mempertanyakan alasan dibalik keputusan Sega Sammy Holdings, perusahaan induk dari Sega, ingin mengeluarkan begitu banyak uang untuk Rovio, mengingat penurunan popularitas game Angry Birds yang cukup drastis belakangan ini.

Baca Juga:
Angry Birds Classic Resmi Dihapus dari Android

Sebelumnya, Angry Birds memang sukses besar pada tahun 2009, tetapi hype untuk franchise ini nampaknya mulai meredup sejak puncaknya pada tahun 2014, ketika Rovio melaporkan penurunan laba dan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sejumlah karyawannya.

Pada tahun 2016, Rovio sempat mencoba mengadaptasi game-nya menjadi The Angry Birds Movie. Film tersebut sukses besar di box office dan hingga kini masih menjadi film bertema video game dengan pendapatan tertinggi ketujuh. Namun, sekuelnya yang dirilis pada tahun 2019, The Angry Birds Movie 2, tidak berhasil mencapai kesuksesan yang sama.

Belakangan ini, Rovio menghapus game original Angry Birds dari Google Play Store dan mengubah nama versi iOS dari game asli tersebut menjadi Red's First Flight. Langkah ini diduga dilakukan dengan maksud untuk mendorong pemain beralih ke sekuel yang lebih menguntungkan dan mengaburkan model bisnis beli sekali dan main selamanya yang ada pada game asli.

Baca Juga:
Google Akan Selalu Hapus Gambar Kontroversial di Hasil Pencarian

Sebelumnya, Rovio hampir mencapai kesepakatan senilai US$800 juta dengan studio developer Israel Playtika untuk diambil alih, tetapi pembicaraan itu diumumkan telah batal pada Maret lalu. Kini, perusahaan basis Finlandia tersebut siap menjual perusahaannya dengan harga yang fantastis kepada Sega.

Rovio dikenal sebagai perusahaan game mobile pertama yang mencapai 1 miliar unduhan lewat game original Angry Birds, bahkan mendapatkan sertifikasi dari Guinness World Record atas pencapaian ini. Rovio juga mengklaim bahwa jumlah total unduhan untuk keseluruhan perpustakaan game mereka telah mencapai angka 5 miliar pada tahun lalu. Dengan akuisisi ini, mari kita tunggu langkah Sega untuk mengembalikan kejayaan salah satu ikon besar dalam dunia game ini.

SHARE:

Permintaan Mobil Niaga Tinggi, Mitsubishi Buka Diler Di Indonesia Timur

Ada Sentuhan Musik Hans Zimmer di Call of Duty: Mobile Season Terbaru