Technologue.id, Jakarta – Namanya penyelundupan, pasti menghalalkan segala cara agar barang yang mereka selundupkan bisa lolos dari pemeriksaan. Seperti sekelompok penyelundup di Tiongkok yang mencoba menyelundupkan iPhone senilai hamper USD 80 juta dari Hong Kong ke pusat teknologi di Shenzhen, Tiongkok dengan menggunakan drone.

Dilansir dari Ubergizmo.com (02/04/2018), pihak berwenang di Shenzhen menangkap 26 tersangka penyelundupan. Cara yang dilakukan pun cukup unik. Para tersangka menerbangkan drone untuk mengirimkan iPhone selundupan dari Hong Kong ke daratan Tiongkok.

Baca juga:

Tiba-tiba Kirim Barang Aneh ke Pelanggannya, MatahariMall Kena Protes

- Advertisement -

Menurut laporan berita lokal, ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di Negeri Tirai Bambu, dimana drone digunakan untuk memfasilitasi penyelundupan.

Tersangka mulai beroperasi saat tengah malam dan hanya butuh waktu singkat untuk mengangkut tas kecil berisi lebih dari sepuluh iPhone. Kurang lebih mereka dapat menyelundupkan sebanyak 15.000 iPhone hanya dalam satu malam.

Baca juga:

Para Miliuner Bitcoin Kini Bisa Beli Lamborghini

Sebelumnya pemerintah Tiongkok memang telah membuat aturan ketat terkait drone yang mengudara. Hal ini untuk mencegah drone mengganggu jalur dari pesawat terbang. Aturan tersebut mengharuskan pemilik drone harus mendaftarkan perangkat miliknya ke pihak terkait.

Baca juga:

Lagi, Nyawa Melayang Gara-gara Kecelakaan Mobil Pintar

Untuk kedepannya, pihak berwenang di Shenzhen mengatakan bahwa mereka akan memantau jenis penyelundupan baru semacam ini. Tentunya untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali.