Sekolah Diliburkan, Aplikasi Belajar Online Gratiskan Layanan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat akan menerapkan kebijakan belajar dari rumah selama dua pekan ke depan sejak esok hari, Senin (16/3). Akibat kebijakan sementara ini, anak-anak sekolah di dua provinsi itu akan belajar via online dengan para guru mereka. Pemerintah setempat pun sudah menyiapkan kurikulum khusus yang akan digunakan selama belajar di rumah.

Agar belajar di rumah semakin efektif, salah satu aplikasi belajar Ruangguru telah membuka Sekolah Online Ruangguru melalui aplikasi Ruangguru tanpa dipungut biaya. Hal ini merupakan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar siswa/i di Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19.

Baca Juga:
Anomali, Situs Pantau Corona Jakarta Kena Retas

Program ini dimulai Senin, 16 Maret 2020 pukul 08.00-12.00 WIB mencakup semua mata pelajaran untuk semua jenjang sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD s/d 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh Master Teachers Ruangguru. Selain fasilitas live teaching, para siswa juga dapat terus melatih pemahamannya lewat fitur Bank Soal dan Online Tryout yang juga disediakan gratis.

Bagi guru juga dapat menggunakan waktunya untuk meningkatkan kapasitasnya lewat program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama 1 bulan ke depan. Modul ini mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti: kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Baca Juga:
Cegah Penyebaran Corona, LinkedIn Haruskan Wawancara Kerja Virtual

Selain Ruangguru, aplikasi belajar online Zenius Education juga memutuskan untuk terus menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN).

Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

Selain menggratiskan akses ke platformnya, Zenius menyiapkan tryout online gratis dan diselenggarakan serentak di website dan aplikasi Zenius. Tryout akan kembali diadakan pada tanggal 26 Maret 2020 untuk gelombang kedua, setelah sebelumnya gelombang pertama telah diadakan pada 13 Maret 2020 lalu.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories