Technologue.id, Jakarta – Lazada menerapkan sistem cashless payment bagi para seller saat mereka memproses pesanan. Seller bisa memanfaatkan layanan jasa pengiriman tanpa perlu membayar ongkos kirim di muka, berkat kerja sama Lazada dengan perusahaan pengiriman dan logistik JNE.

Sistem JNE Cashless ini memungkinkan para seller Lazada mengirimkan pesanan konsumennya tanpa harus melakukan pembayaran tunai di gerai JNE terlebih dahulu. Seller juga tidak perlu lagi melakukan proses pemasukan data pengiriman secara manual. Melalui fasilitas JNE yang terintegrasi dengan sistem Lazada Seller Centre, seller dapat melakukan proses pengiriman dengan lebih praktis dan efisien.

Baca juga:

Ketahuan Ada Seller Nakal di Situsnya, Ini Kata Lazada

“Dengan inisiatif ini, seller tidak akan mengeluarkan uang di muka saat memproses pemesanan. Berkat sistem terintegrasi antara JNE dan Lazada, seller mendapat tiga point keuntungan, yaitu aman (menghindari eror pencatatan), praktis (membuat proses lebih nyaman dan mengurangi pekerjaan manual), dan efisien (cashflow friendly),” ujar Mercy Suryasin, Vice President Seller Operations Lazada Indonesia, saat pengumuman JNE Cashless, di kantor Lazada Indonesia, Selasa (14/08/2018).

Perbandingan skema reguler vs cashless (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Baca juga:

Pria Indonesia Ternyata Juga Kena “Demam” Belanja Online

Dibandingkan sistem regular sebelumnya, seller perlu melewati beberapa tahap mulai dari mencetak faktur hingga update status “siap kirim”. Setidaknya ada enam tahap yang harus mereka lalui sampai paket dikirim oleh jasa kurir. Namun dengan sistem ini, pihak Lazada memangkas proses order menjadi empat langkah. Pembayarannya pun bakal dikelola langsung oleh pihak Lazada, dari total ongkos kirim yang disetor oleh pengguna.

“Sistem bekerja secara real-time. Mereka (seller) hanya cetak faktur, tidak usah mengeluarkan ongkos kirim. Nomor resi akan keluar otomatis,” imbuhnya. Saat datang ke agen JNE, seller tinggal menyerahkan barang dan menunggu proses penginputan.

Baca juga:

Rekening Bank Dibobol via PayPal, Begini Cara Mengatasinya

Pada tahap awal dari kerja sama ini, agen JNE yang sudah dapat memberikan layanan baru ini terdapat di wilayah Jakarta.

Secara keseluruhan sudah tersedia lebih dari 500 agen yang tersebar di seluruh Jakarta yang siap memberikan pelayanan cashless ini untuk semua seller Lazada. Dalam waktu dekat, fasilitas ini dapat dimanfaatkan seller di wilayah Cilegon, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.