Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sembilan IoT Keren Besutan Anak Muda Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong anak bangsa untuk menciptakan Internet of Things (IoT) yang memiliki daya saing di mata global. Komitmen ini diterapkan dalam acara 'The 4th IoT Creation'. IoT adalah teknologi yang dipadukan dengan cloud computing, artificial intelligence (AI), big data, dan data analytics.

Ismail, Dirjen Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo menjelaskan, pihaknya sangat fokus pada pembangunan IoT buatan Indonesia. Hal itu dapat mengintegrasikan berbagai perangkat dengan berbagai solusi permasalahan di Tanah Air.

"Ini juga ada unsur local content. IoT itu butuh sentuhan kostumisasi lokal. Contohnya, pertanian, solusi IoT pertanian itu sudah dikembangkan banyak negara, namun pertanian Indonesia ada perbedaan seperti kuta ada di garis khatulistiwa, kedudukan sendiri, beda dengan negara lain," kata Ismail saat acara konferensi pers 'The 4th IoT Creation', di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Dalam rangkaian acara IoT Creation, ada sejumlah acara yang dilakukan oleh Kominfo bekerja sama dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI), seperti hybrid webinar, workshop online dan offline, seminar (5 tema, 5 kota), hingga kompetisi. Nantinya, akan dipilih tiga pemenang IoT Creation Workshop Competition dengan hadiah uang tunai Rp10 juta, Rp7,45 juta dan Rp5 juta.

Kegiatan yang dilakuka oleh Kominfo ini merujuk pada semangat acara G20 di Indonesia tahun ini. IoT Creation mengambil tema “Recover Stronger, Collaboration Beyond Borders”. Kompetisi ini bisa diikuti oleh siapa saja di seluruh daerah. IoT yang dilombakan diharapkan mampu memberikan solusi yang nyata di masyarakat dan bisa direalisasikan. Selain itu, IoT Creation juga memastikan pemenang bisa dibina dari pelatihan sampai ke urusan bisnis sehingga bisa bertemu dengan investor.

Mulyadi Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo mengatakan sudah ada sejumlah konsep yang berhasil dicapai oleh anak-anak Indonesia.

Berikut ini daftar pemenang IoT Creation 2019-2021:

  • Juara 1 IoT Creation 2019 - X-Shrimp: sistem monitoring dan kontrol kualitas air tambak udang berbasis IoT
  • Juara 2 IoT Creation 2019 - Roof Innov: monitoring sel surya untuk keluaran daya listrik optimal dan manajemen energi yang baik serta deteksi dini kerusakan sistem
  • Juara 3 IoT Creation 2019 - Seecow: monitoring kesehatan sapi perah
  • Juara 1 IoT Creation 2020 - USMAN: UVC STERILIZER Lantai Masjid yang Aman
  • Juara 2 IoT Creation 2020 - SMARTGATE CN 20: palang pintu cerdas pendeteksi suhu dan masker
  • Juara 3 IoT Creation 2020 - SMART VENTILATOR: membantu pasien dengan manifestasi klinis berat dan mempermudah dokter dalam penanganan pasien
  • Juara 1 IoT Creation 2021 - Smart Cofee Roastery: alat listrik yang dapat dimonitor secara mobile
  • Juara 2 IoT Creation 2021 - Battery Monitoring System: mengatasi berbagai masalah monitoring data, kondisi dan performa baterai serta meningkatkan usia teknis baterai sebagai sumber catu daya perangkat telekomunikasi data
  • Juara 3 IoT Creation 2021 - i-Gauge Monitoting Tekanan Air: memantau tekanan dan kebocoran air

SHARE:

Aukey Charging Station hingga Air Purifier Terbaru Banjiri Pasar Indonesia

Soal Starlink, Operator Seluler Singgung Kesetaraan Aturan