Sempat Bikin Aplikasi Error, Apa Itu Android System Webview?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sejumlah aplikasi populer di smartphone Android dilaporkan tidak bisa diakses oleh pengguna di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Aplikasi yang dilaporkan terdampak termasuk Gmail, Facebook, Dana, Shopee, Line, dan sebagainya.

Kendala itu ternyata disebabkan oleh aplikasi Android System WebView yang merupakan komponen aplikasi bawaan di perangkat-perangkat Android. Apa sebenarnya WebView dan mengapa bisa menyebabkan error dan crash di platform mobile besutan Google?

Perlu diketahui, di setiap perangkat Android pasti memiliki Android System Webview atau TampilanWeb Sistem Android. Memang kita tidak melihatnya di deretan aplikasi, tapi pasti akan selalu diminta untuk mengupdate aplikasi yang satu ini di Playstore.

Baca Juga:
UC Browser Hilang dari Toko Aplikasi, Kenapa?

Dalam deskripsi dari aplikasi ini di Google Playstore, pembesut Android System Webview menjelaskan seperti berikut:

“Android Webview adalah sistem komponen dari Chrome yang memungkinkan aplikasi Android dapat menampilkan konten web. Komponen ini pre-installed pada perangkat anda dan selalu up to date agar memiliki keamanan terbaru serta perbaikan bug lainnya”.

Untuk menemukan aplikasi ini, Settings → Application Manager → System Apps.

Melansir Goodcore.co.uk, Fungsi dari Android System Webview ialah menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi pihak ketiga apapun yang menggunakan komponen Chrome tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Implementasi dari komponen yang satu ini dapat dilihat dari semua aplikasi yang ada di Olaystore termasuk Facebook, Line, BBM dan lain-lain yang mana bila ada link yang memuat konten web nantinya akan di tampilkan In-App tanpa harus ke browser.

Misalkan saat Anda menelusuri feed Facebook dan menemukan postingan yang berisi link ke artikel menarik. Saat Anda mengklik link tersebut, tab bagian dalam dengan konten web akan terbuka. “Mini-browser” yang disematkan ini disediakan oleh WebView dan memiliki semua fitur yang dimiliki browser lengkap, seperti tampilan teks, penskalaan konten, pencarian teks, dan scrolling.

Tanpa tool ini, Anda harus keluar dari aplikasi Facebook dan membuka tautan di browser terpisah. Sangat merepotkan, bukan?

Dengan WebView diinstal dan diperbarui di perangkat Anda, Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya perangkat keras yang jika tidak akan terbuang percuma dalam meluncurkan aplikasi browser web secara terpisah. Ini juga menghemat masa pakai baterai.

Baca Juga:
Disebut Mirip Hitler, Amazon Gercep Ganti Ikon Aplikasi

WebView awalnya menjadi satu dengan sistem operasi Android. Sehingga pembaruan komponen aplikasi hanya akan diperbarui bersamaan dengan rilis terbaru dari sistem operasinya.

Namun, Google selaku pengembang Android mengubah skema ini. Ketika merilis Android 5, Google memisahkan komponen WebView dari sistem operasi inti. Dengan demikian, pembaruan WebView dapat langsung didistribusikan melalui toko aplikasi Google Play, tak harus menunggu agar berbarengan dengan update sistem operasi.

Untuk mengatasi masalah error belakangan ini, Google pun telah memberikan update Android System WebView ke versi 89.0.4389.105 dan juga peramban Chrome.

- Advertisement -

Latest News

A Day Without We, Game Asal Indonesia yang Bakal Rilis di PlayStation 5 dan Xbox Series X/S

Technologue.id, Jakarta - Setelah game buatannya sukses di Steam, Gamecom Team Studio, developer game asal Indonesia, bareng publisher game asal Rusia, ChiliDog...

Samsung Boyong Jajaran TV Premium Terbaru

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan empat TV terbaru, Kamis (6/5/2021). Adalah The Sero, The Frame, The Serif, dan The...

Menang Flash Sale Shopee, Pengguna Kecewa Transaksi Dibatalkan Sepihak

Technologue.id, Jakarta - Penjualan cepat atau flash sale di e-commerce sudah menjadi "bumbu" menggiurkan yang selalu jadi incaran calon pembeli. Namun sejumlah...

Samsung Boyong Smart TV Premium Neo QLED 8K, Segini Harganya

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan smart TV premium, Neo QLED 8K pada Kamis (6/5/2021). Produk ini digadang mampu memberikan...

Ini Media Sosial Garapan Donald Trump

Technologue.id, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump meluncurkan "platform komunikasi" setelah hampir empat bulan dilarang oleh sebagian besar situs media...

Related Stories