Technologue.id, Jakarta – Saat ini, fitur sidik jari pada smartphone cukup lumrah untuk ditemui. Bahkan, hampir semua smartphone generasi terbaru sudah menerapkannya, termasuk Samsung Galaxy S10 yang baru saja diluncurkan. Dan ternyata, fitur tersebut masih bisa ‘dibohongi’ dengan trik tertentu.

Baca Juga:
Ikuti Seri Galaxy S10, Samsung Galaxy Note 10 Juga Punya Tiga Varian?

Mengutip dari TheVerge (07/04/19), baru-baru ini ada seorang yang memposting keberhasilannya dalam mengakali sensor sidik jari dari Galaxy S10 melalui sebuah media sosial bernama Imgur.

I attempted to fool the new Samsung Galaxy S10’s ultrasonic fingerprint scanner by using 3d printing. I succeeded.

- Advertisement -

Melalui akun pribadi yang memiliki username “darkshark” tersebut, ia memposting sejumlah foto yang menunjukkan kalau sensor sidik jari Galaxy S10 dapat dikelabui dengan cara mencetak sidik jari yang sudah terdaftar dengan printer 3D.

Baca Juga:
Terbukti, Huawei P30 Pro Tak Berkutik Lawan Varian Termurah Galaxy S10

Agar bisa dikenali dengan baik oleh sensor, sebelum dicetak melalui printer 3D, ia menggunakan sejumlah software seperti Photoshop untuk pengolahan objek 2D dan 3ds Max untuk pengolahan gambar 3D. Setelah sudah disempurnakan, barulah dicetak. Proses pencetakannya sendiri bisa memakan waktu sekitar 13 menit.

“Saya bisa melakukan seluruh proses tersebut kurang dari 3 menit dan memulai untuk mencetak objek 3D dari jarak jauh sehingga ketika saya sampai, semuanya sudah selesai”, ungkap pemilik akun darkshark tersebut.