Technologue.id, Jakarta – Beberapa tahun terakhir, keamanan pengguna prosesor Intel tengah terancam dengan adanya serangan Meltdown and Spectre yang mampu menembus celah keamanan hingga ke level hardware. Dan kini, ada serangan model baru bernama ZombieLoad.

Baca Juga:
PUBG Mobile dan Resident Evil 2 Rilis Game Perang Zombie

Mengutip dari TheVerge (14/05/19), baru-baru ini ditemukan sebuah celah keamanan baru dari prosesor Intel yang memungkinkan peretas untuk masuk dan mengambil berbagai data yang dimiliki oleh korban. Bahkan tak cuma sebatas itu, peretas juga dapat mengambil data dari mesin virtual yang terinstall pada komputer yang sama.

Serangan tersebut sendiri ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Teknologi Graz, Austria. Sebenarnya serangan tersebut hingga saat masih belum diketahui bagaimana cara kerjanya secara detail, namun mereka menyebutnya celah keamanan tersebut dengan nama ZombieLoad.

Baca Juga:
Last World, Game Survival RPG Bertema Zombie

Saat ini, penemuan tersebut sudah dilaporkan kepada pihak Intel. Dan Intel sebenarnya sudah merilis sebuah patch untuk menambal celah keamanan tersebut. Namun patch tersebut harus dipasang secara manual oleh para vendor manufaktur, setelah itu para pengguna baru bisa melakukan instalasi.

ZombieLoad sendiri memanfaatkan prosesor sebagai ‘gerbang’ untuk memproses sebuah perintah yang dikirimkan oleh peretas. Dan perintah tersebut bisa berjalan secara otomatis tanpa diketahui oleh korban yang tengah menggunakan komputer.