Technologue.id, Jakarta – Artificial Intelligence (AI) benar-benar menjadi primadona baru di industri teknologi. Sejumlah perusahaan ternama sudah terjun ke ranah tersebut dan dapat dipastikan bakal makin bertambah seiring bertambahnya tahun. Untuk tahun depan saja, ada LG yang secara resmi mengaku siap menyeriusi sektor AI.

Mengutip pernyataan resmi LG (20/12/2017), vendor asal Korea Selatan itu bakalan me-launching produk dan layanan berteknologi AI-nya dalam sub-brand ThinQ mulai 2018 mendatang. Bisa dipastikan, akan lahir televisi, kulkas, dan produk elektronik lain yang dilengkapi deep learning dan mampu saling “berkomunikasi” menyerbu pasaran global, termasuk di Indonesia.

Baca juga:

Kini Anda Bisa Temukan Foto Anda di Facebook Walau Tak Ditandai

- Advertisement -

Di Tanah Air, LG termasuk brand yang produknya lumayan sering menghiasi rumah-rumah masyarakat. Data dari BCG dalam sebuah artikel yang dipublikasikan HBR.org 2012 lalu, LG termasuk brand terpopuler untuk produk TV di Indonesia walau disaingi merek sebesar Samsung atau Sharp di kategori produk elektronik rumahan. Jadi, Anda di sini kemungkinan besar juga akan diterjang gelombang produk LG ber-AI di pasaran.

Baca juga:

Tesla Siapkan Mobil Listrik yang Dipersenjatai Artificial Intelligence

Sebenarnya, kompatriot Samsung itu sudah memasarkan produk elektronik pintarnya di bawah bendera SmartThinQ. Namun sepertinya, LG ingin lebih menonjolkan kemampuan AI dalam produk-produk masa depannya di bawah label ThinQ. Consumer electronic dan home appliances pun jelas jadi kategori utama mereka di bawah seri tersebut.

Serbuan TV, Kulkas, dan Elektronik Lain yang "Bisa Bicara" Segera Tiba!
Branding LG ThinQ (source: LG)

Baca juga:

Amerika Sedang Siapkan Teknologi Transportasi Massal Masa Depan

Pergerakan LG menuju sektor AI sendiri cukup masif. Mereka termasuk perusahaan yang doyan mengumbar bocoran untuk menyiapkan produk berteknologi AI. LG juga telah membuka Artificial Intelligence Lab di Seoul untuk menampung riset-riset mereka berkaitan suara, video, dan sensor.

Di CES 2018 nanti, LG bakal memamerkan produk AI-nya dalam ThinQ Zone. Apakah AI besutan LG mampu memikat khalayak di event megah tahunan itu? Nantikan liputan Technologue.id langsung dari Las Vegas!