Technologue.id, Jakarta – Tahun ini Oppo mulai menata bisnis smartphonenya. Mulai dari meluncurkan seri terbaru (Reno series dan K series) hingga menjejali inovasi dan teknologi mumpuni pada seri menengah, A series. Dengan strategi ini, alhasil Oppo melesat ke peringkat satu brand smartphone tanah air, berdasarkan laporan Canalys Q2 2019.

Kontribusi paling besar menyokong performa perusahaan sampai saat ini adalah penjualan seri A. Selama sepuluh tahun hadir di pasaran, tercatat ada 160 juta pengguna Oppo A Series di seluruh dunia.

Baca Juga:
Oppo A9 2020 Meluncur Bawa 4 Kamera, Harganya?

“Kontribusi A series 60 persen (terhadap bisnis perusahaan), setelahnya ada seri F, Reno series, dan Find series,” ucap Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, usai peluncuran Oppo A9 2020, di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Main di segmen menengah, ruang gerak seri A mungkin agak sedikit ketat mengingat persaingan begitu sesak. Namun Oppo berhasil mengatasi pertarungan ini dengan menawarkan peningkatan dari sisi kamera, performa, dan desain.

Oppo A9 2020 yang baru ini diluncurkan mengemas sejumlah spesifikasi anyar mulai dari empat kamera (Quad camera) belakang, kamera utama 48MP, prosesor Snapdragon 665, RAM 8 GB, memori internal 128 GB, hingga baterai 5000mAh.

Baca Juga:
Oppo Gelar Blind Pre Order Oppo A9, Gimana Caranya?

Selain Oppo A9, vendor ponsel asal Tiongkok itu juga memperbarui seri A5 dengan upgrade tak kalah mumpuni. Diantaranya layar 6,5 inchi, empat kamera (Quad camera) belakang, Snapdragon 665, RAM 3 GB/4 GB, memori internal 128 GB, USB Type-C, dan baterai 5000mAh.

Oppo A Series 2020 hadir dilengkapi dengan slot tiga kartu yang mampu menampung dua kartu Nano SIM-Card dan kartu tambahan memori dengan dukungan hingga 256GB.

Oppo A9 2020 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Marine Green dan Space Purple. Perangkat ini dijual dengan harga Rp3.999.000 dan mulai dijual perdana pada 25 September 2019 mendatang.

Sedangkan, Oppo A5 2020 hadir dalam warna Mirror Black dan Dazzling White. Oppo A5 2020 3GB dijual dengan harga Rp 2.399.000 dan dijual pada tanggal 25 September 2019, sedangkan Oppo A5 2020 4GB dijual pada 20 September 2019 dengan harga Rp2.999.000.

Selain A series, sebenarnya Oppo memiliki seri K yang sama-sama menyasar middle-range. Namun menurut Aryo, kedua lini smartphone tersebut memiliki target market yang berbeda. Hal ini dipengaruhi channel penjualan di mana K series hanya akan tersedia secara online.

“Di range harga yang sama belum tentu. Balik lagi konsumen yang membeli K series adalah first tier dan second tier city, tapi A series bisa sampai pelosok. Karena yang di pelosok itu mungkin tidak bisa online, tidak tahu sistem online seperti apa. Mereka lebih percaya kepada sistem tradisional yang harus datang ke toko. Itulah target A series,” jelasnya.