Technologue.id, Jakarta – BrightspotMRKT 2019 menjalin kerja sama dengan DANA, dompet digital Indonesia untuk menghadirkan pilihan pembayaran cashless bagi pengunjung saat bertransaksi di event UKM tahunan yang berlokasi di District 8 SCBD Jakarta, 3–6 Oktober 2019.

Dalam acara satu dekade penyelenggaraan Brightspot itu, DANA menjadi official digital payment untuk pembelian makanan dan minuman (F&B). Berkat kehadiran DANA, pengunjung bisa melakukan pembayaran secara cashless yang disertai penawaran cashback sebesar 30 persen.

Baca Juga:
Update Aplikasi, DANA Tingkatkan Kemampuan Fitur-fitur

Pintu masuk BrightspotMRKT10 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Tim Technologue.id pun menjajal pengalaman bertransaksi nontunai dan nonkartu di area Brightspot 2019 menggunakan DANA.

Sebelum memulai petualangan belanja gaya modern ini, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Brightspot dan DANA. Prosedur pendaftarannya cukup mudah, hanya perlu menggunakan nomor telepon.

Pengunjung yang meng-install aplikasi Brightspot dan melakukan registrasi akan mendapatkan 3 voucher DANA, masing-masing senilai Rp1, yang dapat ditukarkan dengan tiket masuk BrightspotMRKT 2019.

Kemudian pengunjung akan bisa top-up saldo DANA di beberapa titik di BrightspotMRKT10 melalui booth-booth yang tersedia. Top up saldo bisa menggunakan uang tunai maupun kartu debit.

“Konsep dompet digital yang dihadirkan DANA berbeda dari sekadar uang elektronik yang sekarang marak digunakan oleh masyarakat luas. Jika fungsi uang elektronik lebih pada alat pembayaran saja, maka fungsi dompet digital selain untuk melakukan pembayaran, dapat juga untuk menyimpan sumber dana yang lain, seperti kartu debit dan kartu debit,” ungkap Restituta Ajeng Arjanti, PR Manager DANA.

Pada dompet digital, keberadaan simpanan uang tunai di dalam dompet tradisional diganti wujudnya menjadi saldo yang tersimpan. Saldo yang tersimpan itulah yang berfungsi sebagai uang elektronik. Salah satu nilai plus DANA sebagai dompet digital adalah dapat digunakan untuk menyimpan kartu debit dan kartu kredit pemiliknya, berkat fitur Card Binding (penyimpanan kartu) di dalamnya.

Baca Juga:
DANA Luncurkan Program Proteksi Keamanan 100% bagi Pengguna

Transaksi menggunakan DANA (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Transaksi menggunakan DANA (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Pada gelaran BrightspotMRKT10, Dana menyediakan dua metode pembayaran. Pertama, menggunakan QR Code statis di merchant. Lalu kedua, menggunakan mesin pemindai khusus berbentuk kotak yang akan memindai QR Code Anda. Kedua metode pembayaran digital ini sangat mudah dan cepat.

“Kemudahan ini bukan cuma untuk konsumen biasa yang mau belanja atau bertransaksi tapi juga pelaku usaha dari berbagai skala usaha,” tutur Ajeng.

Selain itu, DANA juga memberikan cashback sebesar 30% atau maksimal Rp15 ribu bagi pengguna premium DANA atau maksimal Rp10 ribu untuk pengguna non-premium. DANA memberikan maksimal 5 kali cashback bagi 1 pengguna selama gelaran berlangsung.