Sesat Promosi, Apple Dikenakan Denda Rp 169 Miliar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Otoritas Italia menjatuhkan denda sebesar US$ 12 juta atau sekitar Rp 169 miliar kepada Apple karena klaim tahan air yang berlebihan untuk produk iPhone-nya.

Autorità Garante della Concorrenza e del Mercato (AGCM), selaku yang menjatuhkan denda mengatakan Apple telah menyesatkan publik dalam dua dakwaan, dilansir dari Business Insider, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:

Apple Mulai Aktif Main TikTok


Dakwaan pertama adalah dalam materi promosi. Apple mengklaim produk iPhone mulai dari iPhone 8 sampai iPhone 11 tahan terhadap air hingga kedalaman 4 meter selama 30 menit.

AGCM menyebut klaim ini salah sebab tes yang dilakukan berada di bawah kontrol laboratorium, dengan air yang benar-benar tenang, dan tidak dalam skenario berdasarkan dunia nyata.

Berdasarkan ini, Apple dianggap menjebak konsumennya agar membeli produk iPhone-nya.

Baca Juga:

Apple dan Google Garap Ekosistem 6G


Dakwaan kedua adalah ketentuan garansi yang menyesatkan, di mana garansi tidak berlaku jika kerusakan disebabkan oleh cairan.

Dengan begitu, Apple dinyatakan gagal memperbaiki iPhone yang rusak karena air.

Hingga saat ini Apple sendiri belum memberikan komentar terkait apa yang menimpanya. Namun yang jelas Apple telah setuju untuk membayar denda yang dikenakan.

- Advertisement -

Latest News

Intip Spek dan Harga Redmi Note 10S Sebelum Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Redmi Note 10S dipastikan meluncur di Indonesia pada 18 Mei 2021 besok. Smartphone ini hadir melengkapi jajaran Redmi Note...

Pahami Syarat Transaksi COD di Masing-masing E-commerce

Technologue.id, Jakarta - Metode pembayaran tunai di tempat atau biasa disingkat COD tengah menjadi sorotan lantaran ada kasus konsumen yang enggan membayar...

5 E-commerce yang Sediakan Pembayaran COD

Technologue.id, Jakarta - Selain bank transfer, salah satu metode pembayaran yang masih diminati oleh konsumen e-commerce adalah bayar di tempat alias COD.

BTS dan BlackPink Beri Selamat Atas Mergernya Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Boyband asal Korea Selatan, BTS mengucakan selamat atas mergernya dua raksasa teknologi Gojek dan Tokopedia, Senin (17/5/2021). Ucapan selamat...

Wow, Game Resident Evil Laris 3 Juta Copy dalam 4 Hari

Technologue.id, Jakarta - Game Resident Evil: Village jadi seri terbaik di franchise Resident Evil saat ini. Cuma dalam waktu empat hari saja,...

Related Stories